Rumah Cerdas Upayakan Replikasi Wadah Belajar Serupa Di Daerah Lain

oleh -
Komunitas belajar "Rumah Cerdas" diupayakan terbentuk di daerah lain di Indonesia. KH
kadhung tresno
Komunitas belajar "Rumah Cerdas" diupayakan terbentuk di daerah lain di Indonesia. KH
Komunitas belajar “Rumah Cerdas” diupayakan terbentuk di daerah lain di Indonesia. KH

KARANGMOJO, (KH)— Rumah Cerdas, sebuah wadah dan komunitas belajar yang berada di Padukuhan  Sokoliman 1 , Desa Bejiharjo,Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul dideklarasikan menjadi wadah belajar bagi masyarakat atau sesama komunitas se Indonesia.

Kegiatan ini juga mengawali adanya pembangunan jaringan komunitas serta dirintisnya Rumah Cerdas Indonesia, baik di Gunungkidul maupun di tempat lain. Bermodal jejaring sosial Wisnu Dwi Atmojo, penggagas komunitas Rumah Cerdas menggalang serta mengajak pemuda dari seluruh Indonesia yang memilik visi misi sama di dalam dunia pendidikan untuk bergabung atau melakukan hal yang sama.

“Saat ini anggota group Sudah mencapai 350 Orang tersebar di seluruh Indonesia . Banyak yang sudah berkomunikasi untuk pendirian wadah serupa di daerahnya,” katanya, Kamis, (18/8/2016).

 Tetapi, lanjut dia, hal tersebut terkendala kondisi finansial dan prasarana, sehingga pada saat ini Rumah Cerdas yang baru dibentuk sebatas pendampingan tenaga teknis dalam berkegiatan di daerah masing-masing .

Penuturannya, anggota group kebanyakan terdiri dari pemuda daerah atau mahasiswa. Awal adanya gagasan ini sempat muncul perasaan pesimis untuk memulai ide yang mengajak pemuda membentuk suatu komunitas yang memiliki niat mendirikan wadah belajar berbagai hal. Lingkup yang dipelajari baik materi tambahan pelajaran sebagaimana sekolah formal dan banyak hal lain sesuai minat pelajar atau masyarakat umum, misalnya berdasar potensi daerah masing-masing yang bisa dikembangkan.

Harapan dia, Pemerintah melalui instansi terkait dapat melihat niat serta karya positif pemuda untuk kemudian memberikan dukungan. Wadah belajar semacam ini, demikian anggapan Wisnu, dapat menjadi sarana pemuda dalam memberikan sumbangsihnya bagi wilayah dan daerahnya masing-masing. (Kandar)

Komentar

Komentar