Puluhan Ibu Mendapat Ilmu Dari Ratu Sampah

oleh -
Peserta sosialisasi sampah di Sokoliman berfoto bersama.
iklan dispar
Peserta sosialisasi sampah di Sokoliman berfoto bersama.
Peserta sosialisasi sampah di Sokoliman berfoto bersama.

KARANGMOJO, (KH)— Sekitar 20-an Ibu rumah tangga di Padukuhan Sokoliman, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul mengikuti pelatihan pengelolaan sampah di Rumah Cerdas Sokoliman, Senin, (3/10/2016).

Pemateri sosialisasi pengelolaan sampah datang dari Jakarta, yakni Ratu sampah peraih Kartini awards 2015, Wildayanti. Disampaikan Koordinator Rumah Cerdas, Wisnu Dwi Atmojo, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman baru mengenai pengelolaan sampah.

“Kedepan semoga dapat menjadi rujukan bagaimana mengelola sampah yang baik bagi warga di wilayah sekitar, atau Gunungkidul pada umumnya,” harapnya, Senin, (4/10/2016).

Penanganan sampah memberikan beragam manfaat, selain bersih dan sehat, sampah juga dapat memberikan tambahan pendapatan penunjang perekonomian warga.

Dipilihnya Padukuhan Sokoliman sebagai pilot project sosialisasi penanganan sampah/ daur ulang sampah, diharapkan juga dapat memberikan wawasan lain bagi masyarakat khususnya Desa Bejiharjo. Sebagaimana diketahui bahwa perhatian dari sisi ekonomi di desa ini seolah terpusat di Wisata Goa Pindul, sehingga adanya kegiatan pengelolaan sampah dapat dijadikan alternatif lain untuk dapat menambah penghasilan.

“Mudah-mudahan dapat membuka wawasan dan potensi lain selain wisata,” ujar Wisnu. (Kandar)

Komentar

Komentar