RT RW di Semanu Terima Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan

oleh -
bpjs
Penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi RT, RW dan Bamuskal di Semanu. (KH/ Diskominfo Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Giliran RT, RW dan Bamuskal pada lima Kalurahan di Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul menerima Kartu BPJS Ketenagakerjaan. Penyerahan jaminan sosial ini dilaksanakan pada Rabu (13/12/2023). Bupati  Gunungkidul dan perwakilan BPJS Keternagakerjaan DIY hadir dalam kegiatan penyerahan.

Teguh Wiyono, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta menjelaskan, pemberian asuransi ini merupakan bentuk nyata perlindungan jaminan sosial bagi tenaga kerja, khususnya bagi RT, RW dan Bamuskal.

“Sudah diberikan sejak 1 November lalu, jika terjadi sesuatu dengan bapak ibu RT RW akan ditanggung BPJS, untuk rumah sakit langsung masuk dikelas I,” kata Teguh saat penyerahan.

Fasilitasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja dengan baik dan fokus tanpa ada rasa khawatir. Namun, saat melakukan pekerjaan yang beresiko pihaknya meminta agar tetap berhati-hati.

Dalam kesempatan yang sama, NPJS Ketenagakerjaan juga memberikan santunan beasiswa sekolah kepada pelajar. Penerima beasiswa sekolah dimulai dari siswa TK sampai Perguruan tinggi. Beasiswa tersebut juga menjadi bagian dari upaya perlindungan sosial yang diberikan.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyampaikan, Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang sudah diserahkan menjadi jaminan perlindungan yang datang dari negara.

“Jaminan sosial dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat, termasuk RT, RW, dan Bamuskal,” kata Bupati.

Ia menambahkan, pada 2023 ini iuran BPJS Ketenagakerjaan yang sudah dibayarkan per November sebanyak 7.762 peserta. Dalam kesempatan tersebut, bupati menyerahkan santunan manfaat kepada 3 keluarga dari pemegang BPJS Ketenagakerjaan.

Lurah Pacarejo, Suhadi, menyampaikan apresiasi atas perhatian yang ditunjukkan kepada pelayan masyarakat. Menurutnya, bantuan ini merupakan wujud nyata perhatian dari pemerintah. Dia menilai jaminan sosial sangat bermanfaat bagi para RT, RW, dan Bamuskal. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar