Rifka Anisa Gelar Diskusi Kekerasan Seksual Pada Anak dan Pernikahan Usia Dini

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, (KH) — Sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM), Rifka Annisa, hari ini Jumat (17/10/2014) menggelar diskusi tentang kekerasan seksual dan pernikahan usia dini di Desa Wunung. Acara ini dihadiri sekitar 40-an warga dari padukuhan-padukuhan yang ada di Desa Wunung.
LSM yang bergerak di bidang penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak ini memberikan pemahaman kepada warga tentang berbagai hal yang berkaitan dengan gejala, resiko, dan pencegahan kekerasan seksual serta pernikahan usia dini. Dalam kesempatan ini, LSM menghadirkan 3 nara sumber, yaitu Asih Nurhayati, Niken Anggrek Wulan, dan Ega Firmanwati serta 1 orang dari Kantor Urusan Agama Kecamatan Wonosari.
“Terakhir ini kita menangani 40 lebih kasus yang menimpa pada anak, hal ini juga terjadi di Gunungkidul, maka kita perlu melakukan diskusi dan sosialisasi pada masyarakat, agar dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai hal yang kemungkinan dapat menyebabkan kekerasan seksual pada anak,” ucap Asih Nurhayanti.
Asih juga menjelaskan, berbagai kasus yang terjadi kebanyakan disebabkan oleh faktor pengetahuan anak  dan orang tua yang kurang baik terkait pendidikan seks. Kegiatan ini dianggapnya sangat dibutuhkan guna menciptakan pemahaman yang baik bagi orang tua dalam memberikan pengetahuan dan pendidikan bagi anak-anaknya.
Acara diskusi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam upaya pencegahan kekerasan anak di Gunungkidul, khususnya Kecamatan Wonosari. Sesuai program yang telah dicanangkan, diskusi selanjutnya akan terus dilaksanakan hingga mencakup 14 desa yang ada di Kecamatan Wonosari.
“Sebenarnya, semua kecamatan yang ada di Gunungkidul berpotensi terjadi kekerasan seksual anak, namun saat ini baru dilaksanakan di Kecamatan Wonosari,” lanjut Asih.
Selain acara diskusi, lembaga ini juga akan mengadakan kegiatan talk show beserta pemutaran film berjudul “Surga Kecil di Bondowoso”. Acara ini akan diselenggarakan pada Minggu pagi (26/10/2014) di GOR Siyono secara gratis.
Acara talk show bertemakan “Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak”. Pemutaran film diselenggarakan dalam rangka kampanye pencegahan kekerasan seksual anak dan akan dihadiri oleh pejabat serta artis, diantaranya Suharno Ketua DPRD Gunungkidul, artis Lukman Sardi, dan sutradara Nia Dinata. (Maryanto/Tty)

Komentar

Komentar