BPBD Himbau Masyarakat Waspada Kebakaran

oleh -
iklan dispar

WONOSARI,(KH) — Pemkab Gunungkidul melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menghimbau masyarakat 18 Kecamatan di Gunungkidul untuk mewaspadai musibah kebakaran yang sangat rawan terjadi di musim kemarau seperti saat ini.
Plt. Kepala BPBD Kabupaten Gunungkidul, Ruti Sulasmi dikonfirmasi, mengungkapkan, pada musim kemarau saat ini pihaknya berharap agar masyarakat Gunungkidul tidak teledor menyalakan api, karena hal sepele bisa mengakibatkan musibah yang besar.
“Besarnya hembusan angin di musim kemarau, dan panasnya cuaca saat ini, saya berharap agar masyaralat Gunungkidul mewaspadai hal-hal yang bisa mengakibatkan musibah kebakaran,” harapnya, Jumat (17/10/2014).
Dikatakan, masyarakat dihimbau sebelum tidur atau meninggalkan rumah, dipastikan tidak ada titik api yang menyala, mematikan peralatan elektronik dan kompor dalam keadaan aman. Selanjutnya, bahan berbahaya lainnya agar diletakkan pada tempat yang aman serta puntung rokok dipastikan mati total.
“Masyarakat juga kita himbau untuk tidak menimbun bahan-bahan pemicu kebakaran di rumah, seperti bensin untuk diletakan jauh dari sumber api,”Ujarnya.
Sementara, Komandan Pemadam Kebakaran (Damkar) Gunungkidul Diyono menambahkan, tidak hanya mewaspadai kebakaran pemukiman, BPBD Gunungkidul mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kebakaran lahan dan hutan. Diharapkan masyarakat tidak membakar sampah di kawasan lahan kering yang dapat memicu terjadinya kebakaran.
Dia menjelaskan, di Kabupaten Gunungkidul, ada beberapa titik lahan yang rawan terkabar seperti kebun tebu dan lahan kosong yang saat ini banyak terdapat pohon yang mulai mengering akibat musim kemarau.
“Kita berharap masyarakat tidak membuang puntung rokok di area lahan kering, serta tidak menciptakan sumber api di tempat yang mudah terbakar.” pungkasnya.(Juju/Tty)

Komentar

Komentar