Ratusan Peserta Terlibat Upacara Pengibaran Bendera Di Laut Baron

oleh -
Pengibaran Bendera Merah Putih di laut kawasan Pantai Baron. KH/ Kandar.
iklan dispar
Pengibaran Bendera Merah Putih di laut kawasan Pantai Baron. KH/ Kandar.
Pengibaran Bendera Merah Putih di laut kawasan Pantai Baron. KH/ Kandar.

TANJUNGSARI, (KH)— Ratusan peserta upacara dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dari berbagai unsur berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di laut kawasan Pantai Baron, Rabu, (17/8/2016).

Peserta upacara yang berasal dari SAR, nelayan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Relawan se-DIY, warga BASARNAS, Polair, Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan, PEMDA, BPBD DIY, dan BPBD Gunungkidul terbagi menjadi dua, yakni sebagai pasukan pengibar bendera dan peserta upacara yang berada di Pantai.

“Pelaksanaan berjalan lancar, secara keseluruhan diikuti sekitar 650 peserta,” kata Koordinator SAR Satlinmas Istimewa Wilayah II Gunungkidul, Marjono.

Dirinya bersyukur, kegiatan yang ke-empat kalinya ini dapat berjalan sesuai rencana tanpa ada kendala serius. Pelaksanaan pengibaran bendera dilengkapi dukungan keamanan berupa 9 kapal Jukung dan 1 Speed boat sebagai pengwal peserta pengibar bendera yang berenang ke laut da kembali lagi ke Pantai.

Sesuai pantauan, beberapa peserta putri kesulitan berenang kembali ke pinggir karena memang ombak sesekali datang agak tinggi, tim keamanan yang telah bersiaga dengan sigap menjemputnya untuk naik ke atas kapal Jukung.

Marjono berharap, pelaksanaan upacara serupa di tahun depan dapat diikuti oleh peserta lebih banyak lagi . “Mudah-mudahan tahun depan peserta mencapai 1000-an agar lebih semarak,” tambahnya.

Pelaksanaan upacara yang tergolong berbeda ini mampu menyedot perhatian publik. Selain diliput berbagai media lokal dan nasional, beberapa penonton berasal dari luar daerah sengaja datang untuk melihat.

“Saya dari bantul, bersama beberapa teman sengaja datang ingin melihat upacara pengibaran bendera di laut Baron,” kata Adit salah satu penonton. (Kandar)

Komentar

Komentar