Ratusan Personil Polres Gunungkidul Dan Tim Gabungan Amankan Mudik Dan Perayaan Idul Fitri

oleh -
Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2019 di Mapolres Gunungkidul. KH.
iklan dispar

WONOSARI, (KH),– Gelar pasukan Operasi Ketupat Progo 2019 dilaksanakan di Halaman Mapolres Gunungkidul Selasa, (28/5/2019). Operasi yang digelar pada momentum perayaan hari besar agama ini diadakan mulai tanggal 29 Mei sampai 10 Juni 2019 serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady, MH mengungkapkan, pada pengamanan Operasi Ketupat Progo 2019 akan diterjunkan 799 personil tim gabungan. Meliputi unsur Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, Derek, Bengkel, Satpol PP, Saka Bhayangkara, Senkom, Banser, Orari/Rapi, Selain itu juga melibatkan SAR dan juga Kokam.

“Dibuat 7 pos pengamanan dan layanan. Lokasinya berada di Pospam Hargodumilah, Siyono, Pasar Argosari, Terminal Wonosari, Kecamatan Semin, Pantai Baron dan Pantai Pulang Syawal,” jelas Kapolres.

Adapun sasaran pengamanan untuk memberikan jaminan keamanan dan kelancaran lalu lintas kepada pemudik dan masyarakat dalam rangka menyambut dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 2019.

Selain itu, juga didirikan 23 pospam wisata. Yakni Goa Cerme, Watu Gupit, Pantai Gesing, Pantai Butuh, Pantai Ngedan, Ngobaran, Ngrenehan, Nguyahan, Baron, Kukup, Nglambor, Krakal, Slili, Sundak, Pantai Pok Tunggal, Siung, Watulumbung, Pantai Wediombo, Embung Nglanggeran, Air Terjun Sri Gethuk, Kali Suci, Goa Pindul dan serta Embung Bathara Sriten.

Petugas yang disiapkan akan bertugas mengamankan jalur bagi pemudik yang masuk atau melintasi Gunungkidul. Sebab Gunungkidul merupakan jalur penyangga lalu lintas antara Jawa Timur ke Jawa Tengah atau sebaliknya. Diluar itu pegamanan juga diterapkan untuk jalur wisata. Harapannya, agar kunjungan wisatawan tertib dan lancar.

“Pada kondisi tertentu diberlakukan sistem satu arah dari Pantai Baron sampai Pulang Sawal. Hal ini agar pergerakan kendaraan dapat mengalir dengan lancar, Ada pula tim ganjal ban dan tim pengurai macet di jalur Kecamatan Patuk,” urai kapolres.

Sementara itu pihaknya juga sudah menginstruksikan kepada jajaran Reskrim untuk mengantisipasi jangan sampai ada peredaran uang palsu. Bersamaan juga disebar tim opsnal untuk menanggulangi kriminalitas. Petugas ditempatkan diberbagai titik wilayah yang rawan, seperti pasar, pusat pebelanjaan dan lokasi lain yang sudah dipetakan. (Kandar)

Komentar

Komentar