Kerjasama Dengan UNY, Bupati Berharap Indeks Pembangunan Manusia Meningkat

oleh -
Kirab pusaka mewarnai resepsi Hari jadi Kabupaten Gunungkidul ke 188. KH/ Kandar.

WONOSARI, (KH),– Pada puncak peringatan Hari Jadi Gunungkidul ke 188, Pemkab Gunungkidul menggelar resepsi peringatan hari jadi di Bangsal Sewaka Praja, Senin, (27/5/2019).

Memasuki usia yang cukup dewasa, Bupati Gunungkidul, Badingah, S.Sos., mengaku bangga dengan capaian pembangunan hingga saat ini.

Apalagi, menjelang puncak peringatan hari jadi, Pemkab Gunungkidul telah menjalin kerjasama bidang pendidikan dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kerjasama tersebut, menurut Badingah merupakan upaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masyarakat Gunungkidul.

Sebagaimana diketahui, berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018, IPM Kabupaten Gunungkidul merupakan yang terendah dibanding kabupaten dan kota lain di DIY. Angka IPM Gunungkidul, 69,24 masih di bawah Kabupaten Kulonprogo yang telah mencapai 73,76.

“Mudah-mudahan kerjasama bidang pendidikan dengan UNY menjadikan masyarakat semakin cerdas dan berkualitas,” harap Badingah.

Di luar itu, Badingah optimis, seiring bertambahnya usia, upaya penurunan angka kemiskinan memiliki progress yang baik, bahkan dirinya mematok target hingga akhir masa jabatan, angka kemiskinan dapat turun menjadi 15 persen.

Harapan lain, dengan selesainya pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan telah melayani transportasi udara dari berbagai daerah menuju DIY dapat mendukung majunya industri pariwisata di DIY termassuk di Gunungkidul.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) DIY  Kanjeng Gusti  Pangeran  Adipati Arya  (KGPAA) Paku  Alam X saat hadir turut mendoakan agar Gunungkidul semakin maju dan berkembang sesuai dengan cita-cita bersama.

“Pemkab sudah memiliki kewenangan yang cukup untuk mengembangkan sendiri program-program pembangunan. Maka saat ini perlu segera menyusun program yang sesuai dengan kondisi dan potensi lokal,” jelas Wagub.

Selain diikuti pejabat di lingkup Pemkab Gunungkidul, hadir pula perwakilan kecamatan dan pemerintah desa, tamu undangan dari kabupaten tetangga di DIY dan Jateng serta Jatim pada resepsi yang berakhir sekitar pukul 10.00 WIB ini. Sebelum serangkaian kegiatan dimulai, prosesi resepsi diawali dengan kirab pusaka memasuki lokasi acara. (Kandar)

Komentar

Komentar