Ratusan Pemuda Se-Gunungkidul Berlatih Kewirausahaan

oleh -
Karang taruna Kecamatan Ngawen berlatih sablon. KH/ Bara
iklan dispar
Karang taruna Kecamatan Ngawen berlatih sablon. KH/ Bara
Karang taruna Kecamatan Ngawen berlatih sablon dan Batik. KH/ Bara

WONOARI,(KH)— Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Dikpora) bersama karang taruna di 18 kecamatan mengadakan pelatihan kewirausahaan. Pelaksanaan pelatihan yang menyasar 900 pemuda ini telah dimulai sejak 9 Februari lalu dan dijadwalkan berakhir pada 17 Februari mendatang.

Kabid Pemuda dan Olahraga, Agung Danarta S. Sos, M. SE, menyampaikan, program ini bertujuan untuk membekali pemuda agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan sebagai salah satu modal untuk berwirausaha.

“Sasarannya adalah karang taruna/ pemuda di tiap kecamatan, agar mereka dapat berwirausaha membantu perekonomian keluarga atau mendorong kemandiriannya,” ujarnya, Minggu, (14/2/2016).

Jenis materi pelatihan yang diberikan dimasing-masing kecamatan merupakan hasil koordinasi dengan karangtaruna sebelumnya. Berdasar usulan serta pertimbangan potensi wilayah setempat, seperti misalnya, terkait bahan baku dan peluang pasarnya.

Mereka dilatih langsung oleh praktisi atau pengusaha yang telah memiliki usaha dibidang tersebut. Seperti contoh di Kecamatan Ngawen, karang taruna di kecamatan ini mendapat pelatihan dengan materi seputar sablon atau batik.

Contoh jenis pelatihan dikecamatan lain yaitu; Gedangsari dengan materi kerajinan bambu, Patuk pelatihan pengolahan kripik, Semanu pembuatan jamu, Panggang mengenai olahan kripik, dan Purwosari kerajinan bambu.

Ponjong tetang olahan makanan, Tepus kripik, Playen olahan kripik, Girisubo pelatihan pembuatan aksesoris (panel atau gantungan kunci), Karangmojo pelatihan olahan kripik, Tanjungsari pelatihan pembuatan roti dan olahan makanan.

Wonosari pelatihan gantungan kunci, Nglipar pengolahan makanan, Semin mengenai kerajinan bambu, dan Paliyan serta Saptosari mendapat pelatihan tentang olahan kripik. (Kandar)

Komentar

Komentar