Ratusan Pelajar Dan Pemuda Raih Penghargaan

oleh -
Para Pemuda dan Pelajar Raih Penghargaan, Foto: KH/ Edo
kadhung tresno
Para Pemuda dan Pelajar Raih Penghargaan, Foto: KH/ Edo
Para Pemuda dan Pelajar Raih Penghargaan, Foto: KH/ Edo

WONOSARI, (KH) — Puncak penghargaan kepada pelajar dan pemuda berprestasi (pemuda awards) kabupaten Gunungkidul tahun 2015 dilaksanakan pada Jum’at, (18/12/2015) malam bertempat di Gedung Kesenian Baleharjo Wonosari.

Pemuda Awards merupakan ajang pemberian penghargaan kepada para pelajar dan pemuda berprestasi di kabupaten Gunungkidul. Selain sebagai bentuk perhatian dari pemerintah kabupaten Gunungkidul diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pelajar dan pemuda untuk lebih giat belajar dan berlatih.

Memberikan sambutan sebelum penyerahan hadiah kepada para pemuda dan pelajar berprestasi, Kepala Dinas Dikpora kabupaten Gunungkidul Drs. Sudodo, M.M. mengatakan, tujuan memberikan penghargaan dan pembinaan kepada pemuda berprestasi Gunungkidul adalah untuk memberikan motivasi sekaligus menginspirasi bagi pelajar dan pemuda Gunungkidul untuk selalu berlatih dan belajar agar dapat meraih prestasi untuk menyongsong masa depan yang lebih baik di tengah-tengah persaingan global dan menyongsong MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahun dengan sasaran para pelajar dan pemuda berprestasi dalam bidang akademik maupun bidang lainnya, minimal mendapatkan prestasi tingkat provinsi dan masih ada kesempatan bagi para pelajar dan pemuda Gunungkidul untuk mendapatkan penghargaan dan reward dari Pemda ditahun yang akan datang,” Ungkapnya.

Dirinya meyakini bahwa dengan terselenggarannya pendidikan yang lebih baik akan mewujudkan masyarakat yang bugar, cerdas, berbudaya, berdaya guna, mandiri, kompetitif, dan unggul. Maka dari itu, lebih lanjut Dikpora terus bersungguh-sungguh meningkatkan layanan pendidikan yang berkualitas secara merata , meningkatkan ketuntasan wajib belajar 9 tahun serta perintisan wajib belajar 12 tahun, meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana prasana pendidikan.

Upaya yang lain, lanjut Sudodo, yakni meningkatkan profesionalisme pengelolaan pendidikan, meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan, meningkatkan pengembangan sikap generasi muda sebagai penerus bangsa yang beriman, bertaqwa, berkarakter, berbudaya, berjiwa seni, mandiri terhindar dari bahaya destruktif, meningkatkan kesehatan masyarakat melalui olahraga dan rekreasi untuk terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan mewujudkan masyarakat yang berpendidikan kompetitif dan berdaya saing.

Acara yang dimulai pada pukul 19.30 itu berjalan lancar dan meriah. Disampaikan Panitia acara, jumlah peserta pemuda dan pelajar berprestasi kabupaten Gunungkidul 2015 dari tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA dan pemuda Gunungkidul dari usia 16 sampai dengan 30 tahun ada sebanyak 155 pelajar dan 25 pemuda yang berprestasi dari tingkat provinsi, nasional, dan internasional.

Selain diberikan piagam penghargaan diberikan pula uang pembinaan, untuk tingkat provinsi ada sebanyak 100 siswa/pelajar/pemuda mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 1 juta,untuk prestasi tingkat Nasional ada sebanyak 59 siswa/pelajar/pemuda mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 2 juta, untuk prestasi internasional ada 5 siswa/pelajar mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 5 juta dan untuk pemuda Gunungkidul berprestasi ada sebanyak 25 orang mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 2 Juta. (Edo)

Komentar

Komentar