Ratusan Atlet Sepeda Nasional Jajal Trek Gunungkidul

oleh -
kadhung tresno

WONOSARI, kabarhandayani.– Lomba Balap Sepeda tingkat Nasional Customs Cycling Club (CCC) seri ke 15 digelar di Gunungkidul. Berdasarkan release yang diterima dari pantia, lomba akan digelar mulai tanggal 22-24 Agustus 2014.
Ketua panitia penyelenggara Gunungkidul Ternalem PA mengatakan, ada tiga kelas yang dilombakan yakni Individual Time Trial (ITT), Individual Road Race (IRC) dan Criterium. “Total peserta ada 62 Tim, dengan jumlah atlet 193 orang yang berasal dari seluruh Indonesa,” katanya, Sabtu (23/8/2014).
Dia mengatakan, untuk kelas Individual Time Trial mengambil start Pasar Hewan Semanu dan finish di Simpang Bedoyo Ponjong dengan jarak tempuh 9,3 Km. Pada kelas Individual Road Race (IRR) start dan finish dilepas di Taman Kota Wonosari.
Dalam IRR dibagi empat kategori 151, km (Profesional Pria dan Wanita), 101,2 km ( Elite) 50,6 km (Junior) dan 35,8 km (pemula). “Dalam kelas Criterium yang digelar Minggu 24 Agustus dipastikan seru dengan mengambil trek berputar dikawasan Pemkab Gunungkidul,” jelasnya.
Ternalem mengungkapkan, lomba ini diadakan sebagai wujud kepedulian terhadap kegiatan olahraga sepeda di tanah air, untuk memperbanyak event pertandingan yang mampu memberikan ruang bagi pembalap di Indonesia.
Dia menambahkan, Kabupaten Gunungkidul tidak menerjunkan atletnya dalam event tersebut, Dia berharap penyelenggaraan lomba ini dapat menjadi motivasi Gunungkidul untuk memberikan fasilitas dan perhatian bagi putra daerah yang mempunyai hobi balap sepeda.
Menurut Tremalem, Gunungkidul mempunyai trek balap sepeda yang sudah diakui di Indonesia. “Ada 3 atlet dari Gunungkidul, tetapi sudah bergabung dengan tim  luar daerah, ini sangat disayangkan, tiga putra daerah tidak dapat membela daerahnya sendiri,” tegasnya.
Dari penyelenggaraan ini Ia berharap akan ada peningkatan prestasi disertai dengan tumbuh kembangnya pembalap-pembalap muda Gunungkidul yang nantinya akan mampu bersaing dengan pembalap-pembalap Internasional.
“Melaui gelar event balap sepeda yang di lakukan oleh CCC ini harapan kita dapat menjadi ide dan inspirasi yang baik bagi club-club sepeda di tanah air, khususnya di Kabupaten Gunungkidul,”pungkasnya.
Dalam Kejurnas CCC Seri 15 Gunungkidul, panitia penyelenggara menyediakan total hadiah Rp 184 juta rupiah. Tidak hanya pembalap Indonesia event ini juga diikuti oleh pembalap dari Malaysia. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar