Raga Sehat Hobi Tersalur Melalui Onthel Platuk

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani,– Sepeda onthel atau sering disebut sepeda unta sangat populer digunakan oleh masyarakat sampai tahun 1970-an. Sampai akhir era 90-an, sebenarnya sepeda sebenarnya masih menjadi  sarana transportasi populer bagi para pelajar Gunungkidul, tetapi entah mengapa kebiasaan bersepeda tersebut semakin jarang dan bahkan saat ini dapat dikatakan hilang.

Akhir-akhir ini iring-iringan puluhan sepeda tua ini sering terlihat melintas di ruas jalan raya di Kota Wonosari.  Cara mereka bersepeda mengiring ingatan suasana tempo dulu, pada masa lalu saat sepeda onthel masih menjadi andalan sarana transportasi masyarakat umum.

ONTHEL PLATUK merupakan salah satu klub sepeda kuno di Gunungkidul. Pendiri sekaligus Ketua Komunitas Onthel Platuk, Bambang menuturkan, pendirian komunitas ini bertujuan untuk melestarikan sejarah sepeda yang dulunya dipakai sebagai alat transportasi perjuangan. Keanggotaan komunitas ini tidak melihat batas umur. “Ada yang masih sekolah dan ada yang sudah kakek-kakek,” ujar Bambang.

Melalui Onthel Platuk, mereka ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk berpola hidup sehat secara murah meriah dengan kembali memakai sepeda untuk bepergian. Heri salah satu onthelist menambahkan, bahwa berdirinya komunitas ini juga sebagai upaya melestarikan budaya bangsa dan menyatukan hobi. “Misi kami melestarikan budaya bangsa, menyatukan hobi dari teman-teman onthelist,” tambahnya.

Komunitas tersebut sampai saat memiliki anggota sebanyak 15 onthelist. Sekretariat kelompok ini bertempat di rumah Heri Surahman di Padukuhan Kranon Desa Kepek Kecamatan Wonosari. Komunitas ini mengadakan tur  bersepeda keliling kota tiap hari Kamis dan Sabtu pukul 1900 WIB. (Galang/Jjw).

Komentar

Komentar