5.000 Anak Meriahkan Gebyar PAUD di Wonosari

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Sekitar 5.000 anak peserta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kecamatan Wonosari memadati Alun-alun Pemkab Gunungkidul, Sabtu (14/6/2014).
 
Anak-anak usia balita yang didampingi orangtua dan guru mereka dengan ceria dan penuh semangat, ribuan anak PAUD tersebut sedang mengkiuti Gebyar PAUD 2014 Kecamatan Wonosari, Gunungkidul.
 
“PAUD merupakan tempat bermain dan juga belajar membentuk karakter. Karena itu kita harus mengarahkan anak-anak usia PAUD  ke hal-hal yang baik’’ kata Bambang Priambodo, Ketua Gebyar Paud 2014 Kecamatan Wonosari.
 
Menurut Bambang, perkembangan PAUD terbilang menggembirakan. Di Kecamatan Wonosari terdapat 149 lembaga PAUD (71 Formal, Taman Kanak-Kanak (TK) dan 78 Non Formal, Taman Pendidikan Alquran (TPA), Kelompok bermain (KB), Satuan Paud Sejenis (SPS). Sampai sekarang, PAUD mampu menyerap 533 tenaga pengajar yang kebanyakan lulusan SLTA dan Strata 1 (S1).
 
“Memori anak-anak terbilang sangat tajam, atas kondisi demikian anak-anak harus diajak bermain dengan sistem yang terarah, jangan di berikan contoh yang tidak baik, karena akan mereka ikuti contoh yang kita berikan,” papar Bambang.
 
Bambang menambahkan, peningkatan kompetensi pengajar PAUD, tidak terlepas dari fakta bahwa pengajar merupakan mata rantai terpenting dalam menentukan kualitas pendidikan. Guru yang berkualitas niscaya akan menentukan kualitas murid.
 
“Kemauan masyarakat untuk menjadi pengajar paud sangat tinggi di Kecamatan Wonosari, mereka rela berjuang dengan gaji yang sangat kecil, mereka bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak,” ujarnya.
 
Bambang berharap program Gebyar PAUD tersebut dapat meningkatkan kualitas warga Gunungkidul untuk menjadi yang terbaik sejak dini waktu sekarang maupun pada masa mendatang.
 
“Anak-anak ini adalah kado emas pembaharuan bangsa, aset utama yang dimiliki pemkab bukan gedung yang mewah melainkan keberadaan warga dengan kehidupan yang sejahtera,” katanya.
 
Acara tersebut  dihadiri sekaligus dibuka oleh Bunda  PAUD Gunungkidul, Hj.Badingah S.Sos serta dihadiri oleh segenap pengurus PAUD Kabupaten Gunungkidul, Camat Wonosari, beserta tamu undangan yang hadir. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar