Puncak Rangkaian Peringatan Ke-185 Dengan Upacara Dan Kirab Budaya

oleh -
Bupati bersiap melepas Gunungan. KH/ Edo
iklan dispar
Bupati bersiap melepas Gunungan. KH/ Edo
Bupati bersiap melepas Kirab. KH/ Edo

WONOSARI, (KH)— Seperti tahun sebelumnya, peringatan Hari Jadi Gunungkidul ke -185 pada Jumat, (27/5/2016) di laksanakan dengan menggelar upacara peringatan pada pagi harinya. Ribuan peserta upacara semua mengenakan pakaian adat jawa atau lurik.

Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X hadir dan bertindak sebagai Pembina pada upacara yang dipimpin oleh Kabid Kependudukan Disdukcapil Gunungkidul, Arisandi Purba. Pada kesempatan ini ia menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh masyarakat Gunungkidul.

“Selamat kepada seluruh masyarakat Gunungkidul atas HUT kali ini, semoga menjadi momentum untuk bangkit,” kata Wakil Gubernur.

Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan grebeg gunungan berupa hasil bumi. 18 Gunungan tak butuh waktu lama habis diserbu peserta upacara. Kemudian, Prosesi inti  peringatan, dilanjutkan dengan kirab.

Pawai kali ini merupakan Kirab Budaya, selain diikuti pegawai dilingkungan Pemkab, pegawai Kantor Kecamatan dan Perangkat desa se Gunungkidul, potensi seni dari kelompok kesenian dari seluruh desa, serta komunitas, organisasi atau pagguyuban ikut menyemarakkan.

Peserta kirab berbagai kesenian diberangkatkan Bupati Gunungkidul, Badingah bersama ketua Panitia Peringatan Hari Jadi Tomy Harahap. Puluhan jenis kesenian itu meliputi reog, jathil, gejog lesung, wayang kulit, wayang orang, dolanan anak dan lainnya. (Edo)

Komentar

Komentar