IPG Ziarah Ke Makam Demang Wonopawiro

oleh -
IPG saat ziarah di Makam Ki Demang Wonopawiro. KH/ Edo
iklan dispar
IPG saat ziarah di Makam Ki Demang Wonopawiro. KH/ Edo
IPG saat ziarah di Makam Ki Demang Wonopawiro. KH/ Edo

WONOSARI, (KH) –Dalam rangka memperingati hari jadi Gunungkidul, Ikatan Perupa Gunungkidul (IPG) mengadakan acara ziarah ke makam Ki Demang Wonopawiro sebagai simbol penghormatan kepada jasa – jasanya yang telah ikut serta merintis dan membangun diawal berdirinya Kabupaten Gunungkidul.

Herlan Siswanto selaku ketua IPG mengatakan, Ki Demang Wonopawiro adalah pahlawan Gunungkidul pada masanya, meski gaung namanya tak begitu terdengar.

Sebagai pelaku seni pihaknya mengaku kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap sejarah. Diungkapkan, ia bersama komunitas tak ada tujuan apapun untuk pemerintah karena kegiatan ini benar – benar murni dari hati para seniman untuk menghormati nenek moyang dengan mengujungi makam Demang Wonopawiro.

“Sebagai rasa penghormatan kepada tokoh – tokoh penting di Kabupaten Gunungkidul, Jelasnya saat ditemui KH setelah ziarah, Jum’at (27/5/2016) Siang.

Setelah melalui beberapa prosesi ziarah, tabur bunga dan berdoa di makam Ki Demang Wonopawiro, IPG menggelar aksi melukis bersama. Seperti harapan secara umum masyarakat luas, Ia pun turut berharap dengan bertambahnya umur Gunungkidul semakin lebih baik dalam segala hal. (Edo)

Komentar

Komentar