Puncak Peringatan Hari Pramuka Digelar Di Gunungkidul

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Puncak hari pramuka ke 53 DIY digelar di halaman pemerintahan Kabupaten Gunungkidul. Upacara diikuti oleh seluruh sekolah di Gunungkidul. Gerakan pramuka diharapkan mampu bersikap disiplin, memberikan tauladan serta selalu cinta kepada negara.
Hadir dalam upacara tersebut Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX mewakili Gubernur Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku Ketua Mabida gerakan pramuka DIY. Bupati Bantul Sri Surya Widati, Bupati Gunungkidul Badingah S.Sos dan sejumlah Kepala SKPD.
Dalam sambutanya, Paku Alam IX berpesan gerakan pramuka diharapkan dapat membentuk karakter anak bangsa. Gerakan pramuka dipercaya dapat mencegah dekondensi moral. “Pemuda yang sekarang duduk di bangku SMA kelak akan menjadi pemimpin negeri, melalui gerakan pramuka karakter mereka akan terbentuk,” katanya.
Paku Alam menegaskan, UU RI no 12 Tahun 2010 tentang gerakan pramuka secara tegas dan jelas merumuskan tujuan sikap pramuka yang memiliki kepribadian beriman, taat hukum, menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan menjaga NKRI. “Stategisnya gerakan pramuka dapat berkembang jika diterapkan melalui pendidikan sebagai ekstrakurikuler wajib sekolah,” jelasnya.
Humas Kwarda Gerakan Pramuka DIY, Ika Prasetyo Dwiantoro mengatakan, upacara peringatan hari pramuka ke 53 diikuti oleh SD, SMP, SMA yang ada di Kecamatan Wonosari. Dalam upacara juga disuguhkan beberapa atraksi unjuk kebolehan dari peserta upacara. Ika berharap, seluruh gugus depan di seluruh DIY bisa mewujudkan tujuan Pramuka.
Upacara peringatan hari pramuka yang dilaksanakan di halaman kantor pemkab Gunungkidul berlangsung lancar dan khidmat. Dihibur berbagai jenis atraksi dan juga ditampilkan kesenian jathilan. Beberapa sekolah yang mengisi kegiatan antara lain SMP N 1 Ponjong, SD N Gari, dan SMK N III Wonosari. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar