Puncak Mongol Kencana Yang Indah

oleh -
Suasana pemandangan puncak Mongol, Foto: KH/ Edo
iklan dispar
Suasana pemandangan puncak Mongol, Foto: KH/ Edo
Suasana pemandangan puncak Mongol Kencana, Foto: KH/ Edo

PATUK, (KH) — Bingung mencari destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah ? Anda perlu mencoba salah satu tempat baru di Gunungkidul yang menyuguhkan pemandangan alam yang eksostis di atas perbukitan. Tepatnya di puncak Mongol Kencana yang berada di perbatasan antara padukuhan Nggluntung dan padukuhan Sumber tetes, kecamatan Patuk.

Tempat ini tergolong baru, sebuah tempat yang menyuguhkan keindahan alam dari atas bukit. Dari puncak Mongol Kencana ini kita bisa melihat bentangan kabupaten Bantul, megahnya Gunung Merapi dan kita juga bisa melihat pemandangan Candi Ijo yang terlihat jelas dari bukit ini.

Saat malam tiba akan terlihat kemerlip cahaya bak bintang terang yang berasal dari lampu penduduk warga kabupaten Bantul. Udara sejuk khas suasana pedesaan juga sangat terasa.

“Pengunjung banyak yang datang ketika sore hari karena ingin melihat sunset dan ingin berfoto dengan background pemandangan alam serta sunsetnya,” kata Adit (17) selaku pengelola Puncak Mongol Kencana.

Ia menambahkan, tempat ini dikelola oleh warga dua pedukuhan yaitu padukuhan Sumber Tetes dan padukuhan Nggluntung. Adit mengatakan bahwa saat ini belum ada tiket retribusi untuk masuk, tetapi hanya membayar parkir kendaraan seikhlasnya saja untuk dapat menikmati pemandangan di Puncak Mongol Kencana.

Untuk menuju ke tempat ini, apabila datang dari arah Yogyakarta setelah melewati tugu selamat datang ke Gunungkidul kemudian menemui perempatan silahkan berbelok ke kiri, kemudian lurus mengikuti jalan, akan menjumpai tanda penunjuk jalan yang terpasang mengantar sampai ke lokasi puncak.

Bagi wisatawan apabila datang dari arah Wonosari,  sesampainya di perempatan setelah Polsek Patuk berbelok ke kanan arah Ngoro-oro, dengan seksama perhatikan penunjuk jalan yang telah dipajang.

Destinasi wisata ini masih alami sehingga sangat cocok bagi para wisatawan yang suka dengan wisata pemandangan alam, pas pula bagi yang hobi dunia fotografi. (Edo)

Komentar

Komentar