Puncak Arus Balik Diprediksi Tanggal 2 Agustus

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Direktur Jenderal Perhubungan Darat Drs. Suroyo Alimoeso memprediksi, puncak arus balik lebaran tahun 2014 akan terjadi pada Sabtu tanggal 2 Agustus mendatang. Hal itu diungkapkan saat memeriksa sarana dan prasarana di Terminal Dhaksinarga, Selang, Wonosari, Rabu (30/07/2014).
“Kepadatan kendaraan dan puncak arus balik kita prediksi Sabtu mendatang,” kata Suroyo didampingi Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Gunungkidul Purnama Jaya saat melakukan pengecekan.
Agar terhindar dari kemacetan, Suroyo meminta kepada masyarakat yang hendak melakukan arus balik untuk menghindari keberangkatan pada hari Sabtu. Masyarakat dihimbau untuk berangkat lebih awal.
“Kalau pengen gak macet ya hari Kamis atau Jumat,” ucapnya.
Terpisah, Kepala Dishubkominfo Gunungkidul, Purnama Jaya mengatakan ada kenaikan jumlah armada angkutan lebaran tahun 2014. Data yang ada di Terminal Dhaksinarga Gunungkidul dari H-7 hingga H+2, sudah ada 362 bus yang diberangkatkan.
Jumlah tersebut, kata Purnama meningkat jika dibandingkan dengan lebaran tahun 2013 yang hanya memberangkatkan 259 armada. Pihaknya menjamin tidak akan terjadi penumpukan penumpang di Terminal Dhaksinarga Gunungkidul, karena setiap hari rata-rata ada 50 armada yang diberangkatkan.
“Untuk mengantisipasi penumpukan penumpang, kita telah menghimbau kepada perusahaan untuk menyediakan armada tambahan. Entah itu bus pariwisata atau mobil-mobil carteran lainnya,” ungkap Purnama.
Salah seorang pemudik yang menggunakan jasa bus, Mahendra Yulitias Arianta, warga Banten mengaku telah membeli tiket sejak seminggu lalu untuk kembali ke Banten hari ini. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi.
“Sebenarnya masih pengen bareng keluarga di kampung, tetapi jika pulang Sabtu takut macet karena Senin sudah berangkat kerja,” ungkap Hendra sapaan akrabnya. (Juju/Jjw).

Komentar

Komentar