Arah Wonosari Menuju Yogyakarta Macet Total

oleh -
iklan dispar

PLAYEN, kabarhandayani.– Arus kendaraan wisatawan yang bekunjung ke Gunungkidul ramai menyebabkan kemacetan cukup panjang di Jalan Raya Wonosari-Yogyakarta mulai dari Siyonoharjo-Gading-area hutan Bunder hingga Bukit Bintang, Rabu (30/07/2014).
Antrian kendaraan yang berjalan di jalur utama Wonosari-Yogyakarta didominasi kendaraan roda empat. Titik hambatan arus lalu lintas itu berada di Pertigaan Gading, Playen karena adanya pertemuan arus kendaraan dari arah Wonosari dan dari arah Paliyan, serta di tanjakan komplek Kantor Pemerintahan Kecamatan Patuk.
Seorang wisatawan yang mengendarai mobil pribadi, Ridwan Sulistianto, warga Bantul mengatakan memilih jalur alternatif  Kecamatan Playen melewati Jembatan Dlingo keluar di Imogiri, Kabupaten Bantul untuk menghindari kemacetan di jalur utama Wonosari menuju Yogyakarta.
Menurut dia, jarak jalur tempuh menggunakan jalur alternatif akan mempersingkat waktu sampai daerah tujuan. “Jadi nggak macet, lancar, lewat gunung-gunung, udaranya juga dingin,” ungkap Ridwan saat ditemui di komplek AURI Gading sore tadi.
Sebelum memilih melewati jalur alternatif, Ridwan mengaku telah dua jam mencoba menembus macetnya jalur Wonosari-Yogyakarta. Sesampainya di kawasan Sungai Oya, Bunder, dia dan tiga orang rekannya memilih putar balik menuju jalur alternatif Playen-Dlingo dan keluar di Imogori.
“Kita gak kuat, mobil hanya bisa jalan satu meter berhenti, dua meter berhenti dan kita putuskan untuk balik arah,” ucapnya. Ridwan mengaku sengaja datang ke Gunungkidul untuk menikmati keindahan pantai Indrayanti.
Pantauan KH menyebutkan, kemacetan yang terjadi di ruas jalan utama Wonosari- Yogyakarta akibat padatnya kendaraan wisatawan yang berlibur di Gunungkidul. Kemacetan terjadi hampir setiap sore atau jam di mana wisatawan mulai meninggalkan Gunungkidul.
“Setiap jam wisatawan pulang, jalur Wonosari-Yogjakarta macet, dan arus akan kembali lancar pada jam 20.00 WIB ke atas,” ungkap Kusumawati, Warga Patuk.
Meski jalur Wonosari menuju Yogyakarta macet total, arah Yogyakarta menuju Wonosari lengang. Hal itu dimanfaatkan oleh pengguna kendaraan roda dua memacu kendaraannya menghindari kemacetan panjang. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar