Produsen Bakpia Mulai Tingkatkan Produksi

oleh -
kadhung tresno

SEMANU,Kabarhandayani.– Sejumlah produsen bakpia di Kabupaten Gunungkidul mulai mengantisipasi lonjakan permintaan bakpia menjelang lebaran. Antisipasi dilakukan dengan menambah jumlah produksi untuk dijadikan stok.

Jiran pengusaha bakpia warga Kangkung A, Semanu, Gunungkidul mengatakan, produksi bakpia ia tingkatkan hingga 100 persen dari jumlah produksi setiap harinya. Peningkatan produksi akan terus dilakukan hingga H-3 jelang lebaran.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, jumlah permintaan saat lebaran sangat tinggi. Antisipasi ini kita lakukan mulai pertengahan bulan puasa, jadi tidak keteteran,” ungkap Jiran, Senin (14/7/2014).

Menurut Jiran, saat lebaran tiba bakpia banyak dipesan masyarakat untuk oleh-oleh maupun untukĀ  hidangan yang disuguhkan saat hariĀ  lebaran. Tidak hanya warga Semanu, makanan khas Jogjakarta tersebut juga dipesan oleh pemudik untuk dibawa ke rantau.

Saat ini Jiran mengaku belum bisa mematok berapa harga bakpia saat lebaran nanti. Menurutnya harga akan disesuaikan dengan naik tidaknya harga bahan baku yang ada di pasaran. Jika harga bahan baku naik, secara otomatis harga bakpia akan naik.

“Kita menjualnya tergantung jumlah isi setiap kotaknya, ada yang Rp. 12.500 per kotak ada yang Rp. 20.000. Harga ini akan berubah jika dikonsumsi saat lebaran, menyesuaikan dengan harga bahan baku,” katanya.

Produsen lain, Tatang Nur Hidayat menambahkan, saat lebaran tiba, pihaknya juga biasa menambah jumlah pegawai. Hal tersebut untuk mengantisipasi melambungnya jumlah permintaan. “Permintaan datang jelang lebaran, saat awal puasa permintaan justru sepi,” terangnya.( Juju/Tty )

Komentar

Komentar