Produk Karya 20 Start Up Bisnis Siswa SMKN 3 Wonosari Dipamerkan

oleh -
Siswa SMKN 3 Wonosari raih stimulan guna pengembangan bisnis. (KH)
ucapan natal smkn 3 wonosari

WONOSARI, (KH),– Dalam rangka menindaklanjuti bimbingan teknis bagi sekolah pencetak wirausaha yang sebelumnya diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud, SMKN 3 Wonosari menyelenggarakan serangkaian kegiatan guna pengembangan Start Up bisnis siswa. Serangkaian kegiatan yang digelar diantaranya berupa pameran hasil karya peserta didik.

Pameran produk karya dari 20-an Start Up bisnis pelajar SMKN 3 Wonosari dilaksanakan di ruang pertemuan sekolah setempat, Kamis (17/12/2020).

Kepala SMKN 3 Wonosari, Dra Siti Fadillah mengatakan, 20 Start Up bisnis siswa berasal dari 5 kompetensi keahlian, yaitu Jurusan Tata Boga, Perhotelan, Elektronika Industri, Mekatronika dan Audio Video. Diungkapkan Siti, setidaknya ada 50-an siswa yang telah merintis bisnis start up serta memiliki minat dalam kewirausahaan.

“Produk-produk yang dipamerkan antara lain running text, jam digital, solar cell, antena parabola, rak pot tanaman, dan art towel. Untuk produk makanan Tata Boga seperti donat, pisang bolen, chicken katsu, nasi bakar, sweet bread dan lain-lain,” terang Siti.

Selain pameran dan workshop start up, sebagai tindak lanjut digelar pula workshop kurikulum. “Diharapkan guru-guru mampu mengintegrasikan materi pembelajaran dalam kurikulum dengan tuntutan kewirausahaan,” harap mantan Kepala SMKN 1 Saptosari ini.

Stand pameran produk karya siswa. (KH)

Saat hadir dalam agenda pameran, Kepala Balai Dikmen Gunungkidul, Drs. Sangkin MPd., mengapresiasi sekaligus memberi dorongan agar peserta didik dan guru pembimbing meningkatkan kompetensi sehingga mampu meningkatkan mutu dari produk yang dihasilkan siswa.

Demikian juga dengan Kepala Disperindag Gunungkidul, Johan Eko Sudarto. Selain mengapresiasi ia mengaku bangga dengan produk-produk buatan siswa SMKN 3 Wonosari yang sangat beragam dan sesuai tuntutan kebutuhan masyarakat.

Turut serta meramaikan pameran tersebut, hadir para pelaku bisnis yang ada di Gunungkidul, seperti Suti Rahayu dari Putri 21 yang mempunyai usaha olahan mocaf, Nur Setyo Nugroho owner Palapa Service AC dan elektronik serta pengusaha percetakan, Andri pendiri ASA Print . (Kandar)

Komentar

Komentar