Priyanto dan Tri Marsudi Terpilih Sebagai Perangkat Desa Kedung Poh Nglipar

oleh -
Ujian seleksi Perangkat Desa Kedung Poh Nglipar. Foto: Atmaja.
iklan dispar
Ujian seleksi Perangkat Desa Kedung Poh Nglipar. Foto: Atmaja.
Ujian seleksi Perangkat Desa Kedung Poh Nglipar. Foto: Atmaja.

NGLIPAR,(KH) — Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar melakukan seleksi Kepala Bagian Pemerintahan dan Kepala Urusan Keuangan. Dari seleksi yang diikuti oleh sepuluh peserta terdapat dua peserta yang berhasil lolos dalam seleksi tersebut.

Seleksi diikuti oleh 10 peserta yang berlangsung di ruang kelas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teruna Jaya Nglipar. “Persiapan telah dilakukan sejak bulan Januari 2015 lalu, dilanjutkan pada bulan Maret untuk sosialisasi kepada masyarakat,” ucap Joko Santoso, Ketua Panitia.

Pembuatan soal dilakukan oleh panitia dengan melibatkan anggota BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan perangkat Desa Kedungpoh. Terdapat dua bentuk soal yang diujikan. “Dalam soal tertulis terdapat 100 pertanyaan seputar pengetahuan umum dilanjutkan mengerjakan ujian praktek komputer,” jelasnya.

Menghindari kecurangan dan kebocoran soal, panitia menjaga ketat proses persiapan hingga ujian dilakukan. Hasil ujian langsung dikoreksi dengan menggunakan layar LCD agar peserta juga bisa melihat proses penilaian.

“Koreksi soal dilakukan secara terbuka, untuk menghindari kecurangan dalam ujian,” imbuhnya.

Sementara itu, Kades Kedung Poh Mugiharto mengatakan, peserta sama sekali tidak dikenakan biaya pendaftaran. Semua biaya untuk kegiatan ujian Kabagpem dan Kaur keuangan ini menggunakan dana APBDES.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dana APBDES sudah dikaji melalui beberapa hasil rapat dengan LPMD dan unsur masyarakat untuk penggunaan dana APBDES. “Dengan demikian beberapa kegiatan di Desa Kedung Poh dapat dilakukan menggunakan dana tersebut,” jelasnya.

Setelah selesai melakukan koreksi terdapat dua peserta yang berhasil lolos seleksi Kabagpem dan Kaur Keuangan. Adalah Priyanto warga yang berhasil mengisi Kabagpem dan Tri Marsudi yang berhasil mengisi posisi Kaur Keuangan, keduanya warga Padukuhan Kedung Poh Lor Desa Kedung Poh.

“Dengan terpilihnya Priyanto dan Tri Marsudi diharapkan kinerja perangkat desa dapat semakin optimal, terkhusus dalam hal pengentasan kemiskinan dan pengangguran di Desa Kedung Poh,” tandas Suharto. (Atmaja).

Komentar

Komentar