Prihatin Jalan Penuh Sampah, Sedulur Panggang Giat Bersih-Bersih

oleh -
Gotong-royong
Aksi sosial Sedulur Panggang membersihkan sampah. (dok. Sedulur Panggang)

PANGGANG, (KH),– Komunitas paseduluran yang tergabung dalam gruop media sosial (Medsos) Facebook yang bernama Sedulur Panggang melakukan kegiatan gotong-royong membersihkan sampah khususnya sampah plastik yang berada di sepanjang jalan antara terminal Panggang hingga wilayah Bibal Kopi Panggang pada hari Minggu, (11/6/2021).

Aksi sosial tersebut dimulai tepat pukul 08.30 WIB kemudian berakhir pukul 11.30 WIB.

Kegiatan tersebut berawal dari gagasan salah satu member grub Facebook Sedulur Panggang yang prihatin dengan kondisi banyaknya sampah di sepanjang jalan tersebut.

“Banyak sampah plastik yang sengaja dibuang oleh pengguna jalan yang melintas,” kata salah satu anggota group, Gino.

Diungkapkan, jalan tersebut merupakan Jalan Provinsi yang menghubungkan antara Kabupaten Bantul dan Gunungkidul. Jalan tersebut juga menjadi akses wisata yang sangat ramai dilalui pengendara/ wisatawan tiap akhir pekan.

Mulanya, berawal dari keprihatinan yang kemudian muncul gagasan tersebut. Gagasan didiskusikan melalui komentar – komentar dalam grub FB, WA dan juga diskusi langsung beberapa admin.

“Alhamdulillah, kegiatan bisa terlaksana hari ini,” lanjut Gino.

Lebih lanjut lelaki yang akrab disapa Mbah Gino ini menyampaikan, kegiatan sosial dilanjutkan malam ini. Puluhan anggota group melakukan penambalan jalan yang rusak atau berlubang.

“Agenda dimulai pukul 19.00 WIB. Jalan yang aspalnya sudah rusak atau terkelupas ditambal. Kalau tidak segera ditambal sangat berisiko bagi pengguna jalan,” imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, sebetulnya anggota group sudah berkoordinasi dengan para pemangku kebijakan tapi tidak mendapat respon.

“Akhirnya kita berinisiasi eksekusi sendiri semampunya,” tegasnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar