Prakerja Gelombang 4 Dibuka, Sasaran Utamanya Korban PHK Karena Pandemi

oleh -
Kepala Bidang Tenaga Kerja Akhsan Jihadan. (KH/ Kandar)
iklan dispar

GUNUNGKIDUL, (KH),— Program Kartu Prakerja gelombang ke-4 telah dibuka Sabtu, (8/8/2020). Sebelumnya program ini mengalami penundaan beberapa saat karena evaluasi.

Sekretaris Disnakertrans Gunungkidul, Akhsan Jihadan Jum’at, (7/8/2020) mengatakan, Gunungkidul mendapat jatah sekitar 17.000 peserta.

“Kami masih menunggu instruksi detail dari pusat. Juknis detail belumkami terima,” kata dia.

Ia berpesan, warga yang berniat mendaftar agar segera mengakses lewat situs resmi www.prakerja.go.id.

Informasi awal sasaran utama program kartu Prakerja untuk gelombang ke 4 yakni mereka yang kehilangan pekerjaan karena Pandemi COVID-19. Namun demikian juknis resmi belum sampai kepadanya.

Berdasar data Disnakertrans Gunungkidul, ada sebanyak 1,801 peserta sudah mengakses program Pra Kerja. Rinciannya sebanyak 472 di gelombang 1, 818 di gelombang 2, dan 511 peserta di gelombang 3.

Harapan agar program kartu Prakerja menyasar masyarakat yang benar-benar membutuhkan disampaikan oleh Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Gunungkidul, Agus Santoso.

Menurutnya, banyak para pekerja yang terdampak pandemi COVID-19. Sehingga insentif yang didapat nanti dapat peserta gunakan untuk memenuhi kebutuhan. Tak hanya itu saja, insentif juga dapat digunakan untuk modal memulai usaha.

Pihaknya menyayangkan peserta gelombang sebelumnya mengalami beberapa kendala, diantaranya proses dan tahapan yang panjang serta kondisi wawasan warga yang tidak semua memahami internet.

“Harapannya agar program Prakerja efektif bermanfaat selama Pandemi,” harap Agus. (Kandar)

Komentar

Komentar