Polres Gunungkidul Gelar Sosialisasi Patroli Keamanan Sekolah

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani,– Guna meningkatkan peran siswa dalam menjaga keamanan, Polres Gunungkidul menyelenggarakan sosialasi pelatihan PKS (Patroli Keamanan Sekolah) , Selasa siang (26/8/2014). 58 peserta siswa SMP dan SLTA beserta guru pendamping mengikuti acara yang digelar di ruang aula Polres Gunungkidul ini.
Menurut Kanit Dikyasa Ipda Jarwanto. SH yang bertugas sebagai pembicara, sosialisasi yang digelar dalam waktu yang cukup singkat ini merupakan awal kegiatan pelatihan PKS yang telah diprogramkan oleh instansinya. Sosialisasi bertujuan untuk menggerakkan kegiatan PKS di sekolah-sekolah yang ada di Gunungkidul.
“Kami mengundang sebanyak 35 sekolah untuk penyelenggaraan pelatihan PKS. Apabila sekolah menanggapi program kami, maka minggu depan pelatihan ini akan kami realisasikan. Paling tidak hari Kamis sudah ada pemberitahuan dari kami ke masing-masing sekolah,” terang Jarwanto.
Kegiatan PKS, lanjut Jarwanto, merupakan suatu wadah bagi siswa untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan keamanan dan kerawanan social, khususnya dalam hal penggunaan jalan raya dan kenakalan remaja semacam tawuran. PKS nantinya akan membantu peran kepolisian.
“Setelah program pelatihan dilaksanakan, selanjutnya akan diselenggarakan lomba PKS. Kemungkinan hal ini akan dilaksanakan pada pertengahan atau akhir September,” ujar Jarwanto.
Pada kesempatan yang sama, Waka Polres Gunungkidul Kompol Irwan Setiawan dalam sambutannya mengungkapkan, kesadaran masyarakat dalam ketertiban berlalu lintas masih rendah. Pelatihan PKS yang telah direncanakan ini diharapkan dapat melatih siswa untuk tertib dalam berkendara bahkan dibekali cara dalam mengatur lalu lintas.
“Siswa dapat membantu tugas-tugas kepolisian melalui kegiatan PKS. Kami harap kesadaran siswa dalam berlalu lintas juga dapat ditingkatkan. Tentu saja hal ini dapat terwujud atas dukungan dari sekolah dan semua pihak,” terang Irwan.
Sosialisasi ini mendapat sambutan positif dari para siswa dan guru pendamping yang hadir. Mereka menyambut baik atas program yang akan dilaksanakan oleh Polres Gunungkidul. Rencana program pelatihan PKS dapat dilaksanakan mulai minggu depan.(Maryanto/Tty)

Komentar

Komentar