Petruk Dadi Ratu Juara I Gunungan Rasul Desa Balong

oleh -
iklan dispar

GIRISUBO, kabarhandayani,– Desa Balong hari Rabu (24/9/2019) kemarin melaksanakan tradisi bersih desa atau rasulan. Dari 9 padukuhanmasing masing mengeluarkan gunungan beraneka bentuk yang berbeda beda.
Gunungan dari masing-masing padukuhan tersebut juga dinilai oleh panitia rasul untuk memeriahkan acara sekaligus sebagai apresiasi atas hasil kreativitas para warga padukuhan. Penilaian gunungan tersebut didasarkan atas kreatifitas karya dan makna gunungan tersebut.
Dalam rasulan kali ini,  gunungan berbentuk tokoh Petruk, salah satu punikawan dari Padukuhan Ngrombo 2 meraih Juara 1. Sedangkan Juara 2 dari Padukuhan Ngrombo 1 berbentuk gunungan kambing PE, dan untuk juara 3 dimenangkan oleh Padukuhan Ngelo 1 dengan gunungan Pak Tani Mencangkul.
Dalam sambutanya, Camat Girisubo Jaka Wardaya mengingatkan pentingnya menjaga tradisi dan seni budaya. Ia berharap Desa Balong semakin maju dan sejahtera.
Jaka menambahkan informasi pembangunan bahwa akan dibuat rest area di sekitar Pantai Jungwok, Wediombo dan Pantai Watu Lumbung, sehingga berharap masyarakat Desa Balong dan sekitarnya mampu menangkap peluang manfaat sosial dan ekonomi dari kegiatan tersebut.
Dalam rasulan ini, selain pentas seni Ketoprak Jampi Puyeng pada Selasa malam, pada Rabu siang juga diadakan gelar pentas reog dan hiburan seni Campursari dengan bintang tamu Tejo. Sedangkan acara rasulan ditutup dengan pentas wayang kulit dengan dalang Ki Sugiran dari Cuwelo. (RadoPurnomo/Jjw)

Komentar

Komentar