Membentuk Remaja Peduli, Kreatif, dan Bersahabat Melalui Jumbara PMR VI

oleh -
iklan dispar
PALIYAN, kabarhandayani,– Kegiatan JUMBARA PMR (Jumpa Bhakti Gembira Palang Merah Remaja) VI, hari ini Kamis (25/09/2014) dimulai. Kegiatan dilaksanakan di bumi perkemahan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD Paliyan.
Haris Sudrajat, panitia kegiatan menyampaikan, JUMBARA PMR adalah kegiatan yang ditujukan untuk Palang Merah Remaja (PMR), dimana untuk tingkat kabupaten dilaksanakan setiap 2 tahun sekali, provinsi 4 tahun sekali dan nasional 5 tahun sekali.
Lebih lanjut ia menyatakan, untuk mengetahui ketercapaian, kendala yang dihadapi, maupun solusi yang sudah dibuat, maka program-program pembinaan PMR tersebut perlu diukur ketercapaiannya melalui sebuah kegiatan evaluasi bersama. Salah satu bentuk forum evaluasi bersama terkait dengan pembinaan PMR adalah melalui kegiatan JUMBARA PMR.
Tujuan dari jumbara sebagai evaluasi kegiatan di masing-masing tingkatan dengan menerapkan Tri Bakti PMR, yaitu: berbakti pada masyarakat, mempertinggi ketrampilan serta memelihara kebersihan dan kesehatan, dan mempererat persahabatan nasional dan internasional,” jelasnya.
Ia memaparkan, selama 4 hari peserta akan diberikan berbagai kegiatan yang terbagi dalam 4 kelompok, Jumpa; Bakti; Gembira; dan Pengembangan Kapasitas. “Acara dimulai tanggal 25 hingga 28 September, dengan tema PMR Peduli, Kreatif, dan Bersahabat,” tambah Haris.
Peserta Jumbara VI PMR PMI Kabupaten Gunungkidul adalah 18 para remaja aktivis PMR dari 18 kecamatan se-Gunungkidul, di mana setiap kecamatan mengirimkan 30 orang dari PMR dan 7 orang dari pembina dan pendamping. PMR sendiri terdiri dari 3 unsur, Mula atau setara SD sederajat, Madya setara SMP sederajat, dan  Wira setara SMA sederajat.
Upacara pembukaan diresmikan oleh Wakil Bupati Gunungkidul Drs Immawan Wahyudi, MH. Bertindak sebagai Ketua Jumbara PMR adalah Sekretaris Disdikpora Gunungkidul Bahrun Roshid, SPd MM. Kegiatan ini juga dihadiri pula oleh pengurus PMI Pusat Bidang Relawan dan PMR H Muhammad Muas.
Setelah upacara pembukaan seluruh peserta akan melaksanakan pawai di seputar lingkungan Puslatpur dengan menunjukkan kreasinya masing- masing. (Kandar/Jjw).

Komentar

Komentar