Petani Siapkan Lahan, Hujan Diprediksi Mundur

oleh -
Petabi Zona Selatan Gunungkidul mempersiapkan lahan. Dok. KH/Kandar
kadhung tresno

Petani Zona Selatan Gunungkidul mempersiapkan lahan. Dok. KH/Kandar
Petani Zona Selatan Gunungkidul mempersiapkan lahan. Dok. KH/Kandar

PALIYAN, (KH)— Petani tadah hujan di berbagai wilayah Kabupaten Gunungkidul akhir-akhir ini sedang sibuk menyiapkan lahannya. Mereka Mencangkul dan memberikan pupuk kandang serta membuat lubang untuk persiapan penanaman benih jagung.

Seperti yang terlihat di ladang/ Alas Kentheng wilayah Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, salah satu petani, Samidah sibuk membuat lubang-lubang dangkal lalu ditaburi pupuk pada tiap lubang tersebut sebagai persiapan penanaman benih jagung jika hujan nanti tiba.

Sedikit berbeda bagi mereka yang ingin menanam padi saat hujan pertama datang, mereka mencangkul secara merata tanah ladangnya, diikuti penyebaran pupuk yang dibuat merata pula. “kalau ini membuat kowak’an persiapan menanam jagung,” kata Samidah, Sabtu, (17/10/2015).

Persiapan petani dilakukan sudah sejak hampir dua minggu yang lalu, prediksi mereka terkait waktu datangnya hujan berdasar pada rerataan waktu hujan turun pada tahun sebelumnya. “biasanya Bulan Oktober-November,” ujar Samidah.

Terkait turunya hujan, prediksi yang diterima Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Gunungkidul dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika DIY, bahwa hujan tahun ini mengalami kemunduran dibanding tahun lalu, prediksi hujan turun mulai akhir November nanti.

“Prediksi BMKG akhir November, jika benar demikian maka musim tanam mundur dibanding tahun lalu,” Kata Azman Latif kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Gunungkidul.

Jikalau benar mundur, harapnya, yang terpenting curah hujan cukup, stabil sesuai kebutuhan musim tanam, sehingga tidak berdampak pada tanaman petani. (Kandar)

Komentar

Komentar