Petani Karangmojo Mendapat Sumur Bor Untuk Minimalisir Gagal Panen

oleh -
Peresmian sumur bor di Karangmojo oleh Kodim 0730 dan Dinas TPH. KH/ Edo
iklan hut ri multazam
Peresmian sumur bor di Karangmojo oleh Kodim 0730 dan Dinas TPH. KH/ Edo
Peresmian sumur bor di Karangmojo oleh Kodim 0730 dan Dinas TPH. KH/ Edo

KARANGMOJO, (KH)– Sebagai upaya untuk mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan hasil panen, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodim 0730 Kabupaten Gunungkidul bekerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH), memberikan bantuan sumur bor kepada kelompok tani di Padukuhan Karangnongko, Desa Wiladeg, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul.

Komandan Kodim (Dandim) 0730 Gunungkidul Letkol Inf. Tri Priyanto mengatakan, upaya pengeboran pembuatan sumur ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian akibat gagal panen. Pembangunan sumur bor ini menggunakan dana APBN-P dan menghabiskan dana kurang lebih Rp.94 juta. Ia berharap warga dapat memanfaatkannya dengan baik.

“Masyarakat mengajukan proposal kepada kita (Kodim 0730) untuk meminta bantuan mesin pompa air, lalu ditindak lanjuti, karena kebetulan ada kerjasama dengan Kementerian Pertanian. Ternyata langsung disetujui dan mesin pompanya langsung dikirim,” jelasnya, Kamis (25/2/2016) siang saat peresmian sumur.

Kepala Dinas TPH Kabupaten Gunungkidul Azman Latief seusai acara peresmian mengatakan, bahwa langkah yang strategis sudah dilakukan untuk mengurangi kerugian petani. Pembangunan sumur bor ini nantinya juga akan dilakukan di berbagai daerah yang rawan kekeringan untuk meningkatkan hasil pertanian.

“Lahan kering di Gunungkidul yang ditanami padi sekitar 42 ribu hektar, sebagian ada yang mengalami kekeringan,” ungkapnya.

Sementara Camat Karangmojo, Drs. Supadma menambahkan, pembangunan sumur bor ini merupakan impian masyarakat Dusun Karangnongko dan baru terwujud sekarang.

“Dengan pembangunan sumur bor ini, lahan pertanian yang kering atau ladang tadah hujan sekitar 73 hektar dapat teraliri air,” imbuhnya.

Pembangunan Sumur bor di Kecamatan Karangmojo tersebut nantinya akan dikelola oleh kelompok Tani Mulyo dengan Koramil 07 Karangmojo. (Edo)

Komentar

Komentar