Perpustakaan Ngalang Membaca Jadi Perpustakaan Desa Peringkat I

oleh -
kadhung tresno

WONOSARI, kabarhandayani,– Dalam rangka penguatan peran perpustakaan sebagai pusat pembelajaran masyarakat, tahun ini Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan kegiatan Lomba Perpustakaan. Kategori kelompok dalam penilaian lomba terdiri dari kategori sekolah SD, SMP, SMA/SMK, maupun kategori Perpustakaan Desa dan perpustakaan Komunitas/Tempat Ibadah se-Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan penilaian dan peninjauan ke perpustakaan berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2014 sampai 10 September 2014.
Kriteria penilaian meliputi organisasi, gedung/ruang perpustakaan, sarana dan prasarana, tenaga pengelola perpustakaan, koleksi, pengolahan bahan pustaka, layanan perpustakaan, promosi, kerjasama Perpustakaan, Anggaran Perpustakaan, dan Kegiatan Pendukung.
Pengumuman hasil lomba dilaksanakan pada Senin (15/09/2014) di Aula Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Gunungkidul yang dihadiri seluruh peserta lomba. Kategori SD,SMP,SMA/SMK diumumkan oleh Indah Permanawati MPd, sedangkan Kategori Perpustakaan Desa/Komunitas/Tempat Ibadah diumumkan oleh Agus Wibawa SIP.
Koordinator Tim Yuri Agus Wibawa SIP menyampaikan, bahwa kegiatan lomba perpustakaan ini adalah untuk memotivasi perpustakaan, baik yang ada di lingkungan sekolah maupun yang ada di desa, komunitas dan tempat ibadah supaya lebih baik lagi dalam pengelolaannya.
Dalam sambutannya, Kepala KPAD Gunungkidul Drs Sugiyanto MT menyampaikan terimakasih kepada semua perpustakaan yang mengikuti lomba. Ia juga memberikan arahan dan mengajak seluruh pihak untuk menjadikan Gunungkidul sebagai bagian dari Yogyakarta atau DIY menjadi Kota Peradaban Baru.
“Yogyakarta sebagai Kota Peradaban Baru yang dibangun dari arsip yang lengkap dan perpustakaan yang baik, sehingga ke depan generasi penerus kita tidak kehilangan arsip dan dokumen penting seperti yang terjadi pada masa penjajahan dimana banyak arsip Kraton Yogyakarta diambil pihak penjajah,” kata Sugiyanto.
Adapun hasil peringkat penilaian dari Peringkat I sampai dengan Peringkat III adalah: Kategori SD Peringkat I Perpustakaan SD Selang, Peringkat II SD Bibal Panggang, Peringkat III SD Bulu Gading Playen. Kategori SMP Peringkat I SMPN 1 Paliyan, Peringkat II SMPN 1 Panggang, Peringkat III SMPN 1 Gedangsari. Kategori SMA/SMK Peringkat I SMKN 1 Ngawen, Peringkat II SMAN 1 Tanjungsari, Peringkat III SMA Pembangunan 2 Karangmojo.
Untuk kategori Perpustakaan Desa, peringkat I diraih Perputakaan Ngalang Membaca Desa Ngalang Kecamatan Gedangsari, Peringkat II Perpustakaan Desa Purwodadi Kecamatan Tepus, Peringkat III Perpustakaan Purwa Wiyata Desa Giripurwo Kecamatan Purwosari.
Sedangkan kategori Komunitas/Tempat Ibadah, Peringkat I Perpustakaan Ponpes Al Itisham Banaran Playen, Peringkat II Perpustakaan Omah Pasinaon Bejiharjo Karangmojo, Peringkat III Perpustakaan Griya Kata Sidorejo Ponjong. (BaRa/Jjw).

Komentar

Komentar