Peringati HUT RI Gelar Upacara di dalam Goa

oleh -
iklan dispar

SEMANU, kabarhandayani.– Untuk memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 pada 17 Agustus 2014 mendatang, pengelola destinasi wisata Goa Kali Suci akan mengadakan upacara. Upacara tersebut akan dilaksanakan di dalam goa yang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu.
“Seluruh pengelola Goa Kali Suci yang berjumlah 35 orang akan mengadakan upacara di dalam goa dalam rangka memperingati HUT RI ke-69. Untuk saat ini kita sedang menyiapkan untuk lintasan pengibaran bendera,” jelas Muslam Winarto, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Goa Kali Suci pada Kamis (14/8/2014).
Menurut Muslam, goa memiliki sejarah tentang peradaban manusia. Manusia zaman dahulu tinggal di dalam goa. Sebagian goa di Gunungkidul juga pernah dijadikan sebagai lokasi persembunyian dan penyusunan strategi para pahlawan untuk berperang melawan penjajah.
Lanjut Muslam, inti dari pelaksanaan adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan memperingati perjuangan para pahlawan. Dengan harapan, generasi muda dapat meneruskan perjuangan tersebut melalui kegiatan yang positif termasuk menjaga alam.
Upacara akan berpusat di pintu keluar goa pertama yakni pintu masuk Goa Gelatik. Lokasi yang luas dan terbuka dipilih untuk memberikan ruang yang cukup bagi peserta upacara. Pengibaran bendera akan dilakukan dengan teknik SRT (Single Rope Technic).
Muslam menambahkan, upacara akan dibuka untuk umum sehingga pengunjung atau warga diberi kesempatan untuk mengikuti upacara. Namun, untuk menjaga keamanan dan kelestarian goa, jumlah peserta akan dibatasi.
“Saat hari biasa kita melakukan pembatasan pengunjung dan ketika upacara pun juga, maksimal 70 orang. Hal ini merupakan upaya untuk tetap menjaga kelestarian goa dan mengantisipasi ketersediaan oksigen,” tambahnya. (Mutiya/Hfs)

Komentar

Komentar