Peringati HUT Pramuka Kwartir Ranting Saptosari Adakan Kemah

oleh -
iklan dispar
SAPTOSARI, kabarhandayani.– Sebanyak 26 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) se Kecamatan Saptosari memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang ke 53 dengan mengadakan Kemah Galang 2014 di bumi perkemahan lapangan Saptosari, Rabu (13/8/2014).
Disampaikan di lokasi perkemahan oleh Sunyoto selaku Ketua penyelenggara bahwa kemah diadakan selain dalam rangka memeriahkan HUT Pramuka juga untuk menyongsong Kurikulum 2013. lebih lanjut Ia menyampaikan, total peserta kemah sebanyak 520 siswa, panitia pelaksana 40 guru, serta 108 pendamping yang berasal dari masing-masing sekolah peserta kemah.
“Total anggaran untuk pelaksanaan kemah sebesar Rp 7.890.000,00 yang berasal dari pangkalan Gugus Depan (Gudep) se Kecamatan Saptosari,” tuturnya yang disampaikan dalam upacara pembukaan. Selain itu, lanjut Dia, peringatan HUT Pramuka yang jatuh pada tanggal 14/8/2014 sebagai bentuk pelaksanaan Kurikulum 2013 di mana mewajibkan kegiatan kepramukaan untuk diadakan.
Upacara pembukaan dimulai pukul 10.00 WIB dengan pembina upacara Kartana selaku Kepala Kwartir Ranting (Kwaran) Saptosari. Dalam sambutannya Ia mengajak seluruh Gudep untuk lebih aktif melaksanakan kegiatan pramuka dengan selalu meningkatkan baktinya. Karenanya kedepan kepramukaan akan semakin penting untuk menghadapi tantangan di sekolah dan sekitar.
“Marilah kita ikut membentuk watak dan karakter bangsa kita dengan gerakan pramuka. Harapanya putra dan putri bangsa akan memiliki karakter yang unggul,” tandasnya.
Pembukaan pelaksanaan kemah ditandai dengan menerbangkan balon dan penancapan kapak oleh pembina upacara sesaat setelah menyampaikan sambutan. Dijadwalkan upacara akan berlangsung selama dua hari, 13 hingga besok 14/8/2014.
Peserta upacara rata-rata berasal dari kelas 4 hingga kelas 6 dengan jumlah perwakilan untuk tiap sekolah antara 10 hingga 20 siswa.
“Baru kali ini kemah, mudah-mudahan nanti malam tidak kedinginan tidur di sini,” ucap Ivan Bayu salah satu peserta siswa dari MI YAPPI Dondong penuh semangat. (Kandar/Hfs)

Komentar

Komentar