Enam Puluh Bayi Ikuti Lomba Bayi Sehat

oleh -
iklan dispar

WONOSARI,kabarhandayani.– Enam puluh balita yang terdiri dari umur 6 hingga 23 bulan dan 2 hingga 5 Tahun yang merupakan wakil dari 30 puskesmas se-Kabupaten Gunungkidul mengikuti Lomba Bayi Sehat Indonesia (LBSI) tingkat kabupaten yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, di Bangsal Sewoko Projo, Rabu (13/8/2014).
Lomba Bayi Sehat Indonesia (LBSI) 2014, sedianya akan dihadiri oleh Bupati Gunungkidul Hj.Badingah S.Sos, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dan semua orangtua balita peserta lomba. Ada delapan kriteria penilaian dalam lomba ini yakni Kesehatan umum, tabel anak dan ayah, tabel ibu dan KB, status imunisasi, status gizi, kesehatan gigi dan psikologi anak.
Kasie Bina Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul  Endang Ismiyati mengatakan, lomba ini bertujuan meningkatkan peran aktif orang tua dan lintas sektor dalam peningkatan kemandirian pemeliharaan tumbuh kembang balita dalam keluarga.
“Melalui kegiatan LBSI diharapkan dapat memacu setiap orang tua balita untuk lebih memperhatikan tumbuh kembang anaknya sehingga dapat dicegah adanya kejadian kasus gizi buruk yang semestinya dapat dicegah sedini mungkin,” katanya.
Dewan Juri dalam lomba tersebut terdiri dari dokter spesialis anak, dokter umum, dokter gigi, ahli gizi, bidan, psikologi dan TP PKK Kabupaten Gunungkidul. Dari seluruh peserta lomba nantinya akan dipilih 10 balita terbaik dan akan mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah dari panitia. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar