Peringatan Hari Juang TNI-AD Kodam IV/Diponegoro Digelar Di Gunungkidul

oleh
Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi S.Sos MSi. (KH/Kandar)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Puncak rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang TNI-AD tahun 2019 Kodam IV/Diponegoro dilaksanakan di lapangan Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DIY, Senin, (16/12/2019).

Peringatan Hari Juang TNI-AD tingkat Kodam IV/Diponegoro tahun ini dilaksanakan dengan tema “TNI AD Adalah Kita”.

Disela kegiatan peringatan, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi S.Sos MSi., mengatakan, peringatan Hari Juang TNI AD merupakan peringatan sejarah dari peristiwa Palagan Ambarawa.

“Peristiwa Palagan Ambarawa merupakan keberhasilan perlawanan TNI AD bersama seluruh komponen yang ada dalam mengusir penjajah,” jelas Mayjen TNI Mochamad Effendi.

Dipilihnya Gunungkidul sebagai lokasi kegiatan puncak peringatan Hari Juang TNI-AD, bukan tanpa alasan. Sebab, Gunungkidul berkaitan erat dengan peristiwa Palagan Ambarawa. Sebagaimana diketahui, proses rute gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman yang menjadi salah satu tokoh sentral peristiwa tersebut sempat melintasi Gunungkidul.

“Dengan dukungan masyarakat Panglima Besar Jenderal Sudirman bisa merebut Yogya kembali dan mengusir penjajah pada peristiwa Palagan Ambarawa,” tandas Mayjen TNI Mochamad Effendi.

Menurutnya, kegiatan peringatan juga menjadi refleksi dan instropeksi TNI-AD. Tema “TNI Adalah Kita” menegaskan bahwa TNI-AD berasal dari rakyat dan berjuang untuk rakyat.

Pembagian ribuan sembako pada peringatan Hari Juang TNI-AD Kodam IV/Diponegoro di Gunungkidul. (KH/ Kandar)

Berbagai kegiatan Baksos mengisi puncak peringatan peristiwa penting tahun 1945 itu. Beberapa kegiatan diantaranya; penghijauan dengan menanam 3000 bibit pohon, baksos 2500 paket sembako, pemeriksaan dan Pengobatan massal, sunatan, dan pemeriksaan mata.

Turut hadir dalam kegiatan peringatan diantaranya, perwakilan Gubenur DIY, Danrem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Muhammad Zamroni SIP, Gubenur AAU Marsekal Muda TNI Nanang Santoso, Gubernur Akmil Brigjen TNI, Dudung Abdurachman, Danlanud Adisucipto Marsma TNI Ir. Bob Henry Panggabean, para Dandim di jajaran Korem 072/Pamungkas, sejumlah pejabat Pemkab Gunungkidul dan lain-lain.

Dalam kesempatan yang sama Danrem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Muhammad Zamroni SIP berterimakasih atas kehadiran Pangdam ke Gunungkidul dalam acara peringatan. (Kandar)

Komentar

Komentar