Penghijauan Untuk Perbaiki Habitat Kera

oleh -
iklan dispar

Penanaman Tanaman . Foto : JhodyTEPUS, (KH) — Dalam rangka menanggulangi kera ekor panjang yang suka merusak tanaman warga saat kehabisan makanan, masyarakat Desa Purwodadi melaksanakan penanaman tanaman pangan untuk kera di bukit sekitar pantai Nglambor pada Rabu 3 Desember 2014 kemarin.

Subiyanto, Kepala BPT Bidang Kehutanan menuturkan, keberadaan kera ekor panjang yang sudah terusik keberadaannya mulai mengganggu ladang para petani sekitar pantai.

“Pemdes berupaya untuk menindak lanjuti laporan warga dengan menanam tanaman buah yang disukai kera, sehingga kera kera tersebut tidak merusak tanaman warga di lain waktu,” ujar Subiyanto

Kegiatan yang dilakukan oleh warga Dusun Ngandong pada khususnya dan masyarakat Desa Purwodadi pada umumnya. Didampingi oleh aparatur Desa purwodadi, mereka melakukan penanaman tanaman buah dalam radius sekitar 5 hektar di seputaran bukit dan lereng di sebelah utara pantai Nglambor.

Menurut Sabat, yang merupakan Dukuh Ngandong, jumlah tanaman yang ditanam ada 2000 pohon. “Dari 2000 tanaman tersebut, ada tanaman jambu klutuk, jambu air, salam, wuni dan kelapa,” papar Sabat

“Adapun fungsi dari penaman ini, untuk mengembalikan ekosistem Kera ekor panjang, supaya nantinya tidak mengganggu ladang warga kembali,” pungkas Adi Sunarto, Ketua Pokdarwis Pantai Nglambor. (Jhody/Tty)

Komentar

Komentar