Eksotisme Pulau Kalong

oleh -
Pulau Kalong, Desa Jepitu Girisubo. Foto: Rado.
iklan dispar
Pulau Kalong, Desa Jepitu Girisubo. Foto: Rado.
Pulau Kalong, Desa Jepitu Girisubo. Foto: Rado.

GIRISUBO, (KH).– Pulau kalong atau sering disebut juga Pulau Glatik terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo. Disebut Pulau Kalong karena menurut warga sekitar, pulau ini dahulu dihuni ribuan kalong. Sebagian pulau ini runtuh karena abrasi, akibatnya banyak kalong yang mati dan sebagian pergi mencari habitat baru

Bagi warga sekitar, pulau ini merupakan tempat mencari lobster dengan cara memasang rendet.
Warga sekitar menggunakan gondola untuk menyebrang ke pulau kalong ini.

Selain sebagai tempat mencari lobster, Pulau Kalong ini merupakan surga para pemancing dari luar kota, karena tempatnya yang sudah berada di tengah laut.

Saat musim penghujan seperti saat ini, biasanya akan banyak pemancing yang berkunjung ketempat ini dengan bantuan pemandu warga sekitar. Warga sekitar yang menjadi pemandu dan pembawa barang para pemancing sangat senang karena mendapat tambahan penghasilan selain dari bertani sebagai kegiatan mereka sehari-hari.

Untuk mencapai Pulau Kalong ini harus berjalan kira-kira tiga puluh menit dari lokasi parkir kendaraan di tempat wisata Pantai Wediombo. Menelusuri jalan setapak dan berbatu menjadi keasyikan tersendiri untuk sampai ke bibir pantai di depan lokasi Pulau Kalong.

Para pemancing yang ingin menyeberang ke Pulau Kalong mesti memesan ke warga yang memasang gondola penyeberangan, karena mereka tidak setiap hari berjaga di depan Pulau Kalong. (Rado/Jjw).

Komentar

Komentar