Pemkab Gunungkidul Raih Peringkat 2 Nasional dalam Ajang BBWI 2023

oleh -
oleh
iklan dprd

GUNUNGKIDUL, (KH),– Kabupaten Gunungkidul mendapatkan peringkat ke- 2 sebagai kabupaten terbaik dalam Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI). Penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Oneng Windhu Wardana selaku wakil dari Bupati Gunungkidul, Sunaryanta.

Penghargaan Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) 2023 tersebut diserahkan pada Hari Jum’at,1(5/12/2023) malam di Hotel Mulia Jakarta.

Mewakili Menko Marves, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah  Azwar Anas menyampaikan bahwa saat ini produk dalam negeri menjadi salah satu indikator penilaian reformasi birokrasi instansi pemerintah. Diharapkan pemerintah daerah dapat lebih berkomitmen untuk bangga terhadap produk lokal Indonesia. Program Bangga Bangga Buatan Indonesia (BBI) ini merupaan program yang seiring sejalan dengan program BBWI.

Indonesia, katanya, memiliki potensi perjalanan wisata domestik cukup besar yang bersumber dari 276 juta jumlah penduduk. Jika masyarakat Indonesia memanfaatkan wisata dalam negeri setidaknya lima kali dalam setahun, diproyeksikan pendapatan pariwisata akan mencapai Rp 3.281 triliun atau setara 18,4 persen PDB nominal.

iklan golkar idul fitri 2024

Selain itu, Pemerintah juga telah mengeluarkan berbagai kebijakan strategis untuk mendukung program BBWI. Kebijakan tersebut diantaranya transformasi tiga badan otorita, yakni Borobudur, Danau Toba, dan Labuan Bajo; optimalisasi cuti bersama; pemberdayaan usaha mikro dan kecil (UMK) dan produk dalam negeri; serta sinergitas pengembangan pariwisata melalui penyederhanaan proses bisnis.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Oneng Windhu Wardana menyapaikan kebanggannya atas peghargaan yang diraih. Menurutnya, prestasi tersebut merupakan jerih payah banyak pihak dan kolaborasi berbagai lembaga.

“Penghargaan ini makin memacu kami untuk bekerja dan menelurkan program yang inovatif,” kata Windhu.

Secara langsung, sambung dia, program BBWI diklaim dapat mengantarkan masyarakat sebagai pelaku usaha termasuk yang berada di sektor wisata menjadi lebih sejahtera, (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar