Pemkab Bakal Bentuk 3 Perusahaan Daerah Baru

oleh -
Ilustrasi. Dok: public domain picture
iklan dispar
Ilustrasi. Dok: public domain picture
Ilustrasi. Dok: public domain picture

WONOSARI,(KH)— Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul Budi Martono mengatakan, untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemkab Gunungkidul akan membentuk tiga perusahaan daerah baru.

Tiga PD yang rencananya akan dibuat tersebut yakni Handayani Pesona Bukit Seribu, Handayani Sarana Utama dan Handayani Argo Utama. Perusahaan daerah ini dibuat untuk membatu memaksimalkan kerja PNS.

“Fungsi pelayanan yang selama ini disandang oleh PNS membuat PAD dari berbagai sektor kurang maksimal. Pendirian PD ini untuk memaksimalkan PAD,” kata Budi Martono, seusai mengikuti upacara HUT Korpri, di Pemkab Gunungkidul, Senin (1/12/204).

Budi menjelaskan,  selama ini SKPD masih menyandang fungsi ganda, selain melakukan pelayanan kepada masyarakat, SKPD juga masih mempunyai pekerjaan menggenjot PAD, sehingga jika dilakukan terus menerus keduanya kurang maksimal.

Lebih lanjut Budi mengakui, rencana pendirian PD ini sudah masuk ke DPRD dan masih menunggu proses pembahasan. Budi mengatakan, jika pembahasan pembuatan PD disetujui oleh DPRD, kemungkinan akan mulai beroprasi pada tahun 2016 mendatang.

“Kita serahkan kepada dewan mana saja yang nanti perlu direvisi atau tidak. Jika disetujui kan tahun 2015 membahas mengenai kelembagaannya, dan tahun 2016 baru dimulai,” paparnya.

Terpisah, Wakil Ketua Badan Legislasi Daerah (Banleg) DPRD Gunungkidul, Ari Siswanto mengatakan mendukung rencana Pemkab tersebut. Meski PD yang ada belum memberikan pemasukan bagi Pemkab, pendirian PD baru diharapkan dapat memaksimalkan potensi daerah.

“Pada dasarnya kita mendukung, saat ini yang perlu dibahas mengenai payung hukumnya. Sebab, masih terjadi perbedaan pendapat mengenai satu payung hukum yakni penyertaan modal atau masing-masing memerlukan sendiri,” ungkapnya. (Juju/Bara)

Komentar

Komentar