Pelayanan Puskesmas Tanjungsari Pindah ke Kantor Kecamatan

oleh -
kadhung tresno

TANJUNGSARI, kabarhandayani.– Untuk jangka waktu beberapa bulan ke depan, pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Induk Tanjungsari dipindahkan ke  kantor Kecamatan Tanjungsari. Hal ini telah dilakukan sejak Senin (12/5/2014).

Terkait hal ini, Kepala Puskesmas Induk Tanjungsari Ariningsih Indriyati, S.Km menjelaskan perpindahan tempat pelayanan ini dikarenakan adanya rencana program pembangunan gedung Puskesmas Induk Tanjungsari. Proyek pembangunan yang hingga kini belum dilaksanakan ini diperkirakan memakan waktu sekitar 4 bulan.

“Kita pindah sudah seminggu ini. Memang proses pembangunan gedung belum dimulai, namun sesuai instruksi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul perpindahan pelayanan ini harus segera dilakukan,” jelas Ariningsih, Sabtu (17/5/2014).

Ia melanjutkan, perpindahan pelayanan ini telah dilakukan sosialisasi ke berbagai pihak, agar masyarakat yang ingin berobat tidak kebingungan saat ingin mendapatkan pelayanan. Selain itu juga sosialisasi dilakukan melalui Puskesmas pembantu (Pustu) yang tersebar di seluruh desa di Kecamatan Tanjungsari.

“Sosialisi dan pemberitahuan telah kami lakukan ke berbagai pihak termasuk ke tiap-tiap desa melalui kepala desa. Selain itu pelayanan Pustu tetap jalan seperti biasa,” imbuhnya.

Meski tempat pelayanan kesehatan yang dilakukan di kantor Kecamatan Tanjungsari ini sifatnya sementara, lanjut Ariningsih, jenis pelayanan yang diberikan tetap seperti waktu di gedung Puskesmas induk karena semua peralatan dan perlengkapan kesehatan yang ada dibawa semua ke tempat yang baru ini.

“Jenis pelayanan tetap seperti biasa. Bahkan unit IGD (Instalasi Gawat Darurat) juga kami sediakan. Jelasnya, kami tetap berusaha memberikan pelayanan yang terbaik meski tempatnya terbatas,” pungkasnya.

Nursih, salah satu pasien Puskesmas Tanjungsari menyatakan pelayanan yang diberikan juga tak mengalami kendala. Awalnya ia mengaku bingung tentang perpindahan ini, namun setelah membaca pengumuman yang tertempel di salah satu pintu gedung Puskesmas Tanjungsari, ia baru menyadari hal ini dan langsung menuju ke Kantor Kecamatan Tanjungsari.

“Pelayanan tetap seperti biasanya meski tempatnya pindah. Memang tadi pagi sempat bingung di sana (gedung Puskesmas yang kosong), tapi setelah baca pengumuman saya langsung kemari,” tuturnya. (Sumaryanto)

Komentar

Komentar