Gelar Budaya Jawa Meriahkan Pelepasan Siswa SMK N 1 Nglipar

oleh -
iklan dispar

NGLIPAR, Kabarhandayani.– Setelah usai menyelenggarakan Ujian Nasional siswa kelas XII. SMK N 1 Nglipar yang beralamatkan di Jl.Nglipar-Ngawen Km.06, Nglipar,Gunungkidul hari ini menyelenggarakan acara Pelepasan siswanya yang selesai menjalani studinya.

Kepala Sekolah SMK N 1 Nglipar, Sunarto, M.Pd, ketika ditemui kabarhandayani di acara yang diselenggarakan Sabtu (17/5/2014) mulai pukul 09.00  menjelaskan, acara pelepasan siswa kelas XII ini dikemas dalam bentuk pagelaran budaya tradisional Jawa di mana sejak mulai acara hingga selesai seluruhnya menggunakan bahasa Jawa. Dengan cara seperti ini diharapkan agar siswa sekaligus dapat mengenal serta ntuk melestarikan kebudayaan Jawa.

Selain penggunaan bahasa jawa, acara pelepasan 205 siswa dari tiga jurusan yaitu; Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Komunikasi Jaringan dan Akuntansi tersebut juga menggelar pagelaran wayang kulit oleh dalang yang berasal dari siswa kelas XII juga.

“Pagelaran wayang kulit ini untuk memfasilitasi siswa kami yang berbakat sebagai dalang. Pemilihan judul Semar Mbangun Kayangan  bertujuan untuk memotivasi keluarga besar SMK ini agar lebih bersemangat dalam membangun generasi muda,” tutur Sunarto.

Pagelaran wayang yang berdurasi pendek ini juga merupakan salah satu media pembelajaran bagi siswa kelas X dan XI. “Adik kelas dari siswa yang kami lepas, kami beri tugas untuk membuat ringkasan cerita pewayangan yang digelar oleh Ki Dalang Samin. Hal itu untuk memastikan bahwa siswa benar-benar mengetahui budayanya yang adiluhung,” tambah Sunarto.

Sunaryo, Kepala Desa Pilangrejo, sebagai salah satu tamu undangan yang hadir  di acara terebut sangat mengapresiasi konsep acara yang digelar. “Menurut saya, acara yang dikemas seperti ini sangat bagus karena bisa menghasilkan anak didik yang cerdas, berbudi pekerti luhur, serta bangga terhadap budaya bangsa. SMK N 1 Nglipar sangat luar biasa karena memfasilitasi siswanya yang memiliki bakat khusus, serta memiliki strategi yang tepat untuk menyampaikan materi budaya Jawa kepada anak didiknya,” tutur Sunaryo.

Lia Aprilia, siswa kelas XII yang mengikuti rangkaian acara tersebut menyampaikan pesan dan kesannya. “Menurut saya, acara semacam ini sangat menyenangkan. Karena kami (siswa) bisa mempelajari berbagai macam kebudayaan tradisional Jawa. Saya juga berpesan kepada adik-adik kelas agar lebih bersemangat dalam belajar serta bangga terhadap kebudayaan sendiri,” pungkas Lia. 

Kegiatan yang melibatkan seluruh warga SMK N 1 Nglipar ini juga menampilkan berbagai hasil kreativitas siswa seperti karya seni lukis, paduan suara, seni musik, dan kecakapan berbahasa Jawa. (Bill_S

Komentar

Komentar