Pekan Ini Dispar Gunungkidul Lakukan Simulasi Pembukaan Pariwisata

oleh -
TPR Baron. Foto: Kandar/KH
iklan dispar

WONOSARI, (KH),– Simulasi, sosialisasi dan uji coba merupakan tahapan yang disiapkan Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul untuk menyambut dibukanya aktivitas pariwisata di tengah pandemic COVID-19.

Dispar sedikit lagi menyelesaikan Standar Operasioanl Prosedur (SOP) pembukaan destinasi wisata. SOP akan menjadi dasar dan rujukan  setelah tatanan kehidupan baru atau new normal nanti diberlakukan.

“Simulasi akan digelar antara tanggal 8 sampai 11 Juni 2020. Lokasi simulasi yang dipilih yakni Pantai Baron, Kukup, Kalisuci, dan di pegunungan Gunung Api Purba Nglanggeran,” ungkap Hary melalui sambungan telepon, Minggu, (7/6/2020).

Pilihan destinasi wisata tersebut mewakili jenis wisata alam yang ada di Gunungkidul, yakni kawasan pantai, gua dan desa wisata serta pegunungan.

”Simulasi sebatas melibatkan pengelola dan penduduk sekitar,” imbuh dia. Simulasi merupakan praktek persiapan beberapa aktivitas pengelola melayani wisatawan. Baik pelayanan saat wisatawan memasuki kawasan destinasi, saat beraktivitas menikmati kawasan wisata dan lain-lain.

Setelah simulasi lancar, tahap selanjutnya akan dilakukan uji coba. Saat uji coba, wisatawan dalam jumlah terbatas sudah dilibatkan. Jika benar-benar siap, maka pembukaan destinasi wisata akan direalisasikan.

“Tahapan persiapan simulasi masih dalam tahap koordinasi dengan jajaran Bupati dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda),” tukas Hary. (Kandar)

Komentar

Komentar