Pedagang Pasar Hewan Dimintai Surat Rapid Antigen, Cek Berapa Biayanya

oleh -
rapid antigen
Ilustrasi rapid antigen. (sumber: Unpad.ac.id)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Banyak pedagang dan pengunjung pasar hewan Siyono Harjo Playen, Gunungkidul terhalang penyekatan petugas gabungan Rabu (7/7/2021). Banyak diantaranya tak bisa masuk ke kompleks pasar karena tak memenuhi syarat.

Berdasar keterangan Paur Subbag Dal Ops Bag Ops Polres Gunungkidul, Iptu Sumarno, seluruh pedagang maupun masyarakat yang akan masuk ke kawasan pasar hewan Siono Harjo harus menunjukkan surat rapid antigen negatif atau surat negatif COVID-19.

Tindakan penyekatan tersebut dilakukan guna meminimalisir kerumunan. Sebagaimana diketahui, pemerintah mengeluarkan instruksi PPKM Darurat dari 3 hingga 20 Juli mendatang. Selama itu banyak kegiatan masyarakat yang dibatasi.

“Kebijakan ini untuk mengurangi kerumunan guna memutus penularan COVID-19,” kata Sumarno di salah satu titik penyekatan.

Sementara itu berdasar penelusuran KH, Surat keterangan rapid antigen dapat diperoleh di RSUD Wonosari dan beberapa rumah sakit swasta. Masih-masing rumah sakit menentukan tarif yang berbeda-beda atas layanan rapid antigen beserta surat keterangannya.

Saat dihubungi, Direktur RSUD Wonosari, dr. Heru Sulistyowati menginformasikan, tarif yang dipatok manajemen untuk biaya rapid antigen berikut surat keterangan sebesar Rp250.000,00.

“Pelayanan rapid antigen jam 10.30-12.00 WIB,” ujar dr Heru.

Di tempat lain, di RS Panti Rahayu Karangmojo diberlakukan tarif berbeda untuk layanan yang sama. Melalui sambungan telepon petugas pendaftaran menginformasikan, layanan rapid antigen dapat diakses dengan biaya Rp190.000,00.

Adapun jam pelayanan rapid antigen di RS Panti Rahayu Karangmojo berlangsung setiap hari kerja antara pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.30 WIB.

Sementara itu, di RS PKU Muhammadiyah Wonosari, layanan rapid antigen dikenakan biaya Rp180.000. Petugas medis di rumah sakit tersebut akan melayani pada hari kerja pada pukul 08.00 WIB -16.00 WIB.

Kemudian, petugas RS Nur Rohmah Playen yang berhasil KH hubungi melalui sambungan telepon menyebutkan, biaya rapid antigen di RS yang berada di Kapanewon Playen tersebut mencapai Rp250.000,00.

“Pemohon harus mendaftar terlebih dahulu melalui no WA kemudian dijadwalkan. Pemohon diminta datang sesuai jadwal yang diberikan bagian pendaftaran,” kata salah satu petugas menginformasikan. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar