PDGI Melakukan Baksos ke TK Negeri Paliyan

oleh -
iklan dispar

PALIYAN,(KH)— Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mengadakan bakti sosial kepada anak-anak TK dan PAUD di TK Negeri Paliyan Desa Giring Kecamatan Paliyan, Rabu (5/11/2014). 

Dengan tema “Sehat bangsaku sehat negeriku” sebanyak 240 anak-anak TK dan PAUD di Desa Giring dan sekitarnya mendapatkan bantuan berupa penyuluhan, tambal gigi gratis juga sarana perawatan gigi berupa sikat dan pasta gigi. Bakti sosial ini dilakukan dalam rangka memperingati HKN yang ke-50. 

“Tujuan kegiatan hari ini dilakukan agar dapat membantu akses dan menambah pengetahuan kepada anak akan pentingnya menjaga kesehatan gigi,” kata Drg Erla Kumalasari selaku ketua panitia. 

Erla menambahkan jika saat ini banyak sekali ditemukan kasus sakit gigi baik pada anak-anak maupun yang terjadi pada orang dewasa. “Sebenarnya jika kita selalu rutin melakukan sikat gigi 3 kali sehari dapat mencegah timbulnya sakit gigi,” imbuhnya. 

Anak-anak juga tidak tampak takut saat gigi mereka diperiksa bahkan beberapa anak mengikuti tambal gigi gratis yang dilakukan oleh PDGI cabang Gunungkidul tersebut.Diharapkan dari baksos dan penyuluhan tersebut mampu membangun kesadaraan akan pentingnya merawat gigi. 

Lebih lanjut Erla menjelaskan perawatan gigi sangat efektif dilakukan untuk anak-anak yang berusia 5-10 tahun.Karena saat itulah perkembangan gigi dimulai agar nantinya gigi dapat tumbuh dengan baik. “Dengan kegiatan yang dilakukan pada hari ini PDGI cabang Gunungkidul berharap agar  semua anak-anak di Gunungkidul mempunyai gigi yang sehat,” jelasnya. 

Sementara itu Drs Agus Prihastoro Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul memberikan apresiasi kepada PDGI yang bersedia untuk membantu dan turun langsung ke bawah untuk memberikan penyuluhan dan bantuan. “Trimakasih untuk seluruh anggota PDGI Gunungkidul yang sudah mau membantu dan memberi pengertian akan merawat gigi,” ujarnya. 

 

Agus mengajak seluruh lapisan baik Dinas Kesehatan,PDGI, dan masyarakat untuk membangun dan memajukan kesehatan gigi. “Kepada masyarakat diharapkan melakukan kontrol gigi setiap 6 bulan sekali,” pungkasnya.

Komentar

Komentar