PDAM Belum Merata, Warga Manfaatkan Air Sungai

oleh -
kadhung tresno

WONOSARI, Kabarhandayani – Musim kemarau mulai dirasakan sebagian warga Kabupaten Gunungkidul. Warga Padukuhan Kamal, Desa Wunung, Kecamatan Wonosari memilih memanfaatkan air sungai untuk mencuci pakaian dan memberi makan ternak. 

Suratman Dukuh Kamal, Jumat (9/5/2014) mengatakan, dari 369 KK  baru sekitar 100 KK yang memanfaatkan aliran air Perusahaan Daerah Air Minum. Masih ada 269 KK lainnya masih menggunakan air sungai dan air tadah hujan untuk mencukupi kebutuhan hidup.

“Aliran pipa PDAM belum merata di Padukuhan Kamal, sebagaian warga masih menggunakan air sungai untuk mencuci pakaian. Mereka memanfaatkan aliran sungai Sumurup yang berada di utara Padukuhan Kamal,” ungkap Suratman.

Suratman menambahakan, air Sungai Sumurup hanya dimanfaatkan warga untuk mencuci. Untuk mencukupi kebutuhan minum dan memasak, warga masih menggunakan air hujan yang ditampung dalam bak-bak kecil. Air hujan tersebut lanjut Suratman diperkirakan masih cukup hingga 1-2 bulan ke depan.

“Jika tampungan air hujan habis, kita biasa membeli dari tangki-tangki swasta. Tetapi mudah-mudahan untuk kemarau tahun ini kita tidak beli,” pungkas Suratman. 

Penulis: Juju, Editor: Hery

Komentar

Komentar