Pakai Jalur Ini Agar Hindari Kemacetan

oleh -
kadhung tresno

PATUK, kabarhandayani.– Kemacetan akibat meningkatnya jumlah kendaraan yang terjadi di beberapa ruas jalan di Gunungkidul. Terpantau KH, kemacetan terjadi di beberapa titik mulai dari arah pantai hingga jalan menuju Yogyakarta.
Kemacetan pun menjadi penghambat dan dikeluhkan para pengendara yang melintas. Keinginan untuk merefresh otak dan melepas penat dengan berlibur ke destinasi wisata yang ada di Gunungkidul malah menambah penat dengan kemacetan yang terjadi.
“Ini habis piknik dari pantai sama keluarga, liburan biar fresh. Pantai-pantainya bagus tetapi macetnya yang bikin bete,” ungkap Toro, salah satu wisatawan asal Semarang.
Bripka Biyoso, salah satu petugas yang ada di Pospam Kali Pentung menyarankan, untuk menghindari kemacetan sebaiknya berkendara sebelum pukul 10.00 WIB. Pasalnya, selama H+1, jalan Jogja-Wonosari akan padat kendaraan antara pukul 10.00 WIB hingga 13.30 WIB. Selanjutnya akan lenggang hingga pukul 15.00 WIB.
Lanjut Biyoso, kepadatan arus lalu lintas biasanya akan meningkat sejak pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB, terutama dari arah Wonosari menuju Yogyakarta. Pasalnya, wisatawan akan pulang di jam-jam tersebut.
Sementara itu, bagi pengendara yang terpaksa lewat di jam-jam tersebut, disarankan untuk melewati jalan alternatif. Bagi pengendara dari atau menuju Klaten dapat melewati Gedangsari, yakni Sambipitu – Nglanggeran – Sampang atau Serut – Gantiwarno – Klaten. Sedangkan yang menuju arah Yogyakarta dapat melewati Putat – arah Desa Wisata Jelok – Dlingo – Pleret – Yogyakarta.
“Kepadatan arus lalu lintas akan terus terjadi, diperkirakan berkurang setelah hari Minggu. Kalau terpaksa lewat ya ada jalan alternatif namun kebanyakan wisatawan yang mayoritas luar DIY belum tahu jalan,” jelasnya. (Mutiya/Jjw).

Komentar

Komentar