Operasi Hunting System untuk Meningkatkan Kedisiplinan Berkendara

oleh -
Pengendara yang terjaring operasi Hunting system. Foto : Atmaja.
iklan dispar
Pengendara yang terjaring operasi Hunting system. Foto : Atmaja.
Pengendara yang terjaring operasi Hunting system. Foto : Atmaja.

WONOSARI, (KH) — Dalam meningkatkan kedisiplinan pengendara, personil kepolisian Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Gunungkidul melakukan operasi hunting system. Suatu operasi yang tidak menunggu pada lokasi tertentu,tetapi mencari lokasi yang sering terjadi pelanggaran lau lintas. Pada operasi tersebut petugas berhasil menjaring 27 pengendara.

Operasi tersebut dilakukan di perempatan Pancuran, Siraman Wonosari. Pengendara yang terjaring sebagian besar adalah siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tidak mengenakan helm dan tidak mempunyai Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Koordinator Kegiatan, Iptu Arif mengatakan, dari 27 pengendara tersebut, 7 di antaranya terkena tilang dan 20 pengendara lain diberi teguran. Selain itu, kegiatan hunting system juga sebagai bentuk perimbangan operasi simpati untuk mewujudkan masyarakat yang tertib dan patuh hukum lalu lintas.

“Sebagian besar pengendara yang terkena tilang antara lain tidak menggunakan kelengkapan berkendara dan siswa SMP yang tidak memakai helm dan tidak mempunyai surat ijin mengemudi (SIM),” kata Arif, Jumat (24/04/2015).

Untuk pengendara yang mendapatkan teguran berupa penggunaan sabuk pengaman, menyalakan lampu dan kelengkapan spion. “Operasi hunting system akan tetap dilakuan sewaktu-waktu di beberapa titik yang banyak terjadi pelanggaran berkendara,” tandas Arif.(Atmaja)

Komentar

Komentar