Online Store ‘Pengkol Bebakulan’ Dilaunching Saat Rasulan

oleh -2903 Dilihat
oleh
Pengkol
Berbagai produk lokal Kalurahan Pengkol dijual di marketplace. (Istimewa)

GUNUNGKIDUL, (KH),— Inovatif, tradisi perayaan Rasulan di Kalurahan Pengkol, Nglipar, Gunungkidul tak hanya diisi pentas seni dan ritual seperti biasanya. Namun, Rasulan juga dikemas menjadi momentum untuk mengungkit perekonomian warga.

Selain pentas puluhan kelompok seni, kegiatan yang umum dinamai Bersih Desa di Kalurahan Pengkol, Jumat (29/7/2022) juga diwarnai peluncuran Online Store bernama Pengkol Bebakulan.

“Online Store bernama Pengkol Bebakulan yang mengakomodir produk-produk hasil produksi warga masyarakat Kalurahan Pengkol,” kata Lurah pengkol, Agus Sunarjo.

Dia berharap Toko Online ini dapat membantu pelaku UMKM di Kalurahan Pengkol dalam memasarkan produk mereka. Sekaligus memudahkan para konsumen luar wilayah untuk membeli produk-produk buatan warga Pengkol.

“Mulai hari ini, produk-produk buatan warga masyarakat kalurahan Pengkol sudah dapat dibeli melalui Marketplace Shopee dengan ID toko ” shopee.co.id/pengkol_bebakulan ” pungkas Agus.

Ketua panitia Wartoyo menambahkan, hari ini bukanlah puncak acara. Karena, masih ada hari Sabtu dan Minggu berupa gelaran kirab budaya serta pertunjukan wayang kulit.

“Ini hari pertama, agendanya adalah penyerahan SK Bupati tentang Desa Rintisan Budaya dan pertunjukan seni. besok masih ada upacara adat, arak-arakan Gunungan dan juga wayang kulit,” Jelas Wartoyo.

Dia juga menginfirmasikan, Bersih Desa tahun ini dikemas lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan harapan warga masyarakat merasa senang dan terus bersemangat bersinergi membangun desanya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta saat hadir mengaku bangga dengan inovasi warga.

“Nanti bisa dilakukan di beberapa tempat yang lain, sehingga ekonomi akan meningkat. Kita memang harus bertransformasi juga dengan era teknologi seperti sekarang ini,” pesan dia. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar