Nyadran Membawa Berkah Bagi Warga

oleh -
iklan dispar

GEDANGSARI, kabarhandayani.– Upacara adat Nyadran Gunung Genthong di Gadhean yang terletak di kaki Gunung Genthong, Padukuhan Manggung, Desa Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul pada Selasa (10/6/2014) membawa berkah bagi warga Desa Ngalang yang berjualan di sepanjang jalan masuk menuju lokasi nyadran tersebut.

Para warga pun memanfaatkan moment taunan tersebut untuk mencari pundi-pundi rupiah.

Susanti (40), warga Padukuhan Manggung yang berjualan makanan olahan menjelaskan, nyadran membawa berkah baginya karena jualan yang ia bawa yaitu 50 bungkus tape, 100 buah pisang goreng dan 60 bungkus pecel hampir terjual habis dengan harga Rp 500,00 hingga Rp 1.000,00.

Ngatimin (40) warga Padukuhan Manggung juga mengungkapkan, nyadran memberikan rejeki kepadanya. Pasalnya hasil pertaniannya berupa ketimun sebanyak 20 kg hanya tersisa 4 kg dengan harga Rp 1.500,00 per kilo. “Biasanya harus menjual ke pasar, kadang ke pasar Wonosari, pasar Playen atau pasar Ngalang, tapi karena ada acara nyadran dijual di sini dan laris,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Asih (38), warga Padukuhan Karanganyar yang berjualan es cendol mengaku es cendol yang ia jual seharga Rp 2.000,00 habis menjadi rebutan pembeli. Ia mengungkapkan, dengan modal Rp. 80.000,00 ia mampu melayani pembeli hingga ratusan gelas es cendol.

Ninik (35) warga Padukuhan Manggung yang berjualan buntil juga mengungkapkan, buntil yang hanya berbahan dari daun pepaya yang diolah dan dibumbui menjadi tidak pahit ini dijual dengan harga Rp 1.000,00 per bungkus laris diborong pengunjung upacara nyadran. “Tadi bikin sekitar 100 bungkus dengan modal bumbu sekitar Rp 20.000,00 karena daunnya metik di pohon pepaya punya saya sendiri dan sekarang tinggal 30 bungkus. Lumayan buat menambah penghasilan,” ujarnya. (Mutiya/Hfs)

Komentar

Komentar