Niat Bakar Sampah, Rumahnya Ikut Terbakar

oleh -
sampah
Kondisi rumah korban usai terbakar. (istimewa)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Nahas dialami warga Padukuhan Dengok, Pucanganom, Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, Sarnoto (70), Senin (11/12/2023). Rumah miliknya terbakar hingga rata dengan tanah.

Mulanya, sekitar pukul 09.30 WIB, istri korban, Kartini membakar sampah di dekat kandang ternak miliknya.

“Setelah itu ditinggal makan. Api di dekat kandang kambing merambat ke bangunan kandang,” kata Lurah Pucanganom, Surawan.

Tak hanya menyambar bangunan kandang, api juga merembet ke bangunan rumah. Sebab, jarak bangunan kandang dekat dengan bangunan rumah milik korban.

Surawan menambahkan, rumah korban tak selamat dari peristiwa tersebut. Rumahnya hangus rata dengan tanah.

“Dengan peralatan sederhana, warga sudah berusaha membantu memadamkan api, namun tak membuahkan hasil yang maksimal,” tutur Surawan.

Akibat insiden itu, korban juga mengalami luka bakar di bagian bahu. Korban terbakar saat berusaha menyelamatkan kambing dari kobaran api.

Beruntung luka yang dialami korban tidak serius. Setelah peristiwa kebakaran, korban sudah dibawa ke Puskesmas terdekat guna mendapat perawatan medis.

Surawan berpesan agar warga tak sembrono saat membakar sampah. Pihaknya meminta agar saat membakar sampah, warga memastikan proses pembakarannya benar-benar aman.

Senada dengan Surawan, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadaman Kebakaran Gunungkidul, Handoko mengatakan, warga tidak boleh mengabaikan segala bentuk aktivitas yang berisiko.

“Harus memperhatikan instalasi listrik, penggunaan piranti kelistirkan yang berstandar serta agar tak meninggalkan api sisa pembakaran dalam keadaan menyala,” jelasnya.

Mengenai kebakaran di Rongkop, sambungnya, petugas telah diterjunkan untuk melakukan assessment. Dia sangat berharap warga lebih berhati-hati lagi saat berkegiatan yang bersinggungan dengan api. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar