DKP Gunungkidul Tebar Ratusan Ribu Benih Ikan di 14 Titik Sungai

oleh -
oleh
ikan
Penebaran benih ikan di Sungai Oya. (KH/ istimewa)
iklan dprd

GUNUNGKIDUL, (KH),– Guna menjaga kelestarian lingkungan, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Gunungkidul melakukan penebaran benih ikan ke sejumlah titik aliran sungai Oya. Kegiatan restoking ikan ini dilakukan agar ketersediaan ikan di Sungai Oya yang berada di sejumlah kalurahan terjaga.

“ada 14 titik sungai yang ditaburi benih ikan, tempatnya berada di 9 kapanewon,” kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap, DKP Gunungkidul, Wahid Supriyadi, Selasa (12/12/2023).

Kegiatan penebaran benih ikan dilakukan mulai dari tanggal 11 hingga 20 Desember mendatang. Adapun targetnya, ikan yang tersebar mencapai 178 ribu ekor.

Selain sebagai sarana menjaga kelestarian lingkungan, utamanya sungai, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

iklan golkar idul fitri 2024

“Kalau nanti dipancing lalu ikannya dikonsumsi, tetunya dapat memberi asupan gizi bagi masyarakat,” imbuhnya.

Dengan begitu, lanjut Wahid, penebaran benih ikan secara tidak langsung membantu program pemerintah dalam menanggulangi stunting.

“Ikan memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem sungai. Mereka dapat membantu mengontrol populasi organisme lain dan mempertahankan keseimbangan alami di sungai,” terang Wahid. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar